TASYAKURAN DAN PELEPASAN ALUMNI PSIKOLOGI KE-113: 26 WISUDAWAN RAIH PREDIKAT CUM LAUDE

Zahrotun Nihayah Dekan Fakultas Psikologi menyampaikan sambutan dan pesan kepada 71 wisudawan  Fakultas Psikologi dan para tamu undangan  di ruang Teater Prof. Dr. Zakiah Darajat, Ahad, 8 September 2019.

Acara tasyakuran dan pelepasan alumni Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada wisuda ke-113 atau angkatan ke-63 yang digelar di  Ruang Teater Prof. Dr. Zakiah Darajat pada hari Ahad (8/9/2019) mendapat apresiasi dari para wisudawan, sivitas akademika, dan orang tua alumni. Para wisudawan yang berjumlah 71 orang dari Program Studi S1 dan S2 tersebut  telah mencatat prestasi akademik dan nonakademik yang luar biasa.

Selain prestasi akademik dan nonakademik, salah satu indikator suksesnya acara tersebut adalah banyaknya  tamu undangan dari para dosen, orang tua dan kolega wisudawan yang hadir. Mereka tidak hanya sekedar hadir, tetapi juga aktif menyimak dan menikmati acara demi acara, dari awal sampai akhir. Turut hadir dalam acara ini adalah Abdul Mujib dan Abdurrahman Shaleh Dekan dan Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas  Psikologi  periode 2014-2019.

Penampilan tari Saman,  paduan suara mahasiswa, dan nyanyi bersama oleh para wisudawan, membuat acara pelepasan alumni  itu akan selalu dikenang. Bahkan setelah acara tasyakuran di ruang teater selesai, mereka melanjutkan acara dengan berbagi kesyukuran dan kebahagiaan di halaman fakultas. Mereka   juga berfoto bersama untuk mengabadikan momentum yang istimewa tersebut. Semuanya larut dalam kegembiraan dan kesyukuran atas prestasi yang telah mereka ukir selama menempuh studi di Fakultas Psikologi UIN Jakarta.

Graduated. Para wisudawan, orang tua, dan kolega melakukan selebrasi kesuksesan di taman Fakultas Psikologi. Perehatian mereka terpusat kepada seorang wisudwan dengan tulisan “Graduated”.

Zahrotun Nihayah Dekan Fakultas Psikologi dalam sambutannya mengatakan bahwa dinamika dan proses mencapai kesuksesan akademik  seperti ini bukan hal yang mudah. Sebab tantangan yang dihadapi selama menempuh program pendidikan di Fakultas Psikologi sangat berat.

“Dari 71 wisudawan ini ada yang menempuh masa studi sejak 2012 yang lalu dan baru lulus tahun 2019. Artinya, dinamika dan proses studi di Fakultas Psikologi sangat luar biasa”, ucap Nihayah yang langsung disambut tepuk tangan oleh para wisudawan, orang tua, dan undangan lainnya.

“Jumlah wisudawan pada bulan September ini jauh lebih banyak dibanding wisudawan pada bulan Juni yang lalu, yakni 26 orang”, ucap Nihayah.

Lebih lanjut Nihayah mengatakan bahwa mulai hari ini, pihak Fakultas Psikologi menyerahkan kembali para wisudawan kepada orang tua masing-masing untuk  memasuki dunia nyata dalam kehidupan bermasyarakat. “Fakultas Psikologi telah membekali putra putri terbaik dengan kompetensi akademik dan nonakademik. Mulai sekarang, saatnya para alumni menerapkan  kedua kompetensi tersebut dalam kehidupan nyata”, pesan Dekan Fakultas Psikologi.

 

Acara tasyakuran dan pelepasan alumni ini juga ditandai dengan pelepasan Jaket Almamater oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Bambang Suryadi. “Pelepasan jaket almamater ini mengandung makna bahwa para wisudawan telah menuntaskan seluruh progam pendidikan di Fakultas Psikologi dan kini mereka tidak lagi dipanggil sebagai mahasiswa, tetapi sebagai alumni”, ucap Bambang seraya menyerahkan jaket almamater  kepada Ghufran Ketua Ikatan Alumni Fakultas Psikologi.

Sementara itu Yunita Faela Nisa Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, dalam laporannya mengatakan bahwa jumlah wisudawan ke-113 angkatan ke-63 adalah 71 orang dengan rincian 61 wisudawan dari Prodi Sarjana (s1)  dan 10 wisudawan dari Prodi Magister (S2). Wisudawan dari Prodi Sarjana (S1) meliputi angkatan 2012-2015 dan wisudawan dari Prodi Magister (S2)  meliputi  angkatan 2016-2018.

Dari segi akademik, tambah Yunita, wisudawan S1 memiliki rentang IPK dari 3.12-3.59, sedangkan wisudawan S2 memiliki rentang IPK dari  3.73-3.78. Dengan demikian predikat kelulusan wisudawan S1 adalah 18 cum laude, 42 amat baik, dan 1 baik. Adapun predikat kelulusan untuk S2 adalah 8 orang cum laude dan 2 orang sangat memuaskan.

Pada kesempatan tersebut Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Yufi Adriani  memberikan penghargaan kepada tiga wisudawan terbaik. Tiga wisudawan terbaik  dari Prodi Sarjana (S1) adalah Anisa Hasbiya (IPK 3.90), Wina Selviana (IPK 3.78), dan Cahaya Asyifa (IPK 3.78). Adapun wisudawan terbaik dari Prodi Magister (S2)  adalah Imas Fauzyah (IPK 3.81).

Penghargaan juga diberikan kepada  tujuh mahasiswa yang berprestasi  di bidang nonakademik. Mereka  adalah Robby Cahyadi, Putri Sarah Alia, M. Ikhwan ArRasyid,  dan Hanna Izsatul  Jannah di bidang  seni.  Muhammad Ilham Fahreza di bidang olah raga, Intan Hanifatunnisa di bidang  seni dan lomba keIslaman, serta Arini Nurlistiani  berprestasi sebagai Duta Mecapan University. (BS)

Congratulation. We are proud of you.