SILATURAHMI AKBAR ALUMNI FAKULTAS PSIKOLOGI 2019: Perkuat Jaringan Kerja dan Ikatan Emosional

Silaturahmi Alumni. Para Dekan Fakultas Psikologi dari berbagai periode, berpose bersama alumni dalam acara silaturahmi akbar alumni Fakultas Psikologi UIN Jakarta, Sabtu, 7 September 2019. Duduk, dari kiri kanan ke kiri: Netty Hartati, Jahja Umar, Abdul Mujib, dan Zahrotun Nihayah.

Hari ini, Sabtu (7/9/2019) Ikatan Alumni Fakultas Psikologi menggelar hajatan besar, yaitu SILAKAN: Silaturahmi Akbar Alumni Fakultas Psikologi. Tidak seperti biasanya,  meskipun hari libur dan tidak ada perkuliahan, sejak pagi kampus Fakultas Psikologi sudah ramai dan banyak orang berdatangan. Suasana kehidupan kampus pun berbeda dari hari-hari biasa. Di taman fakultas, di bagian tengah gedung lantai empat warna abu-abu itu,  dihiasi dengan bantal ukuran besar untuk duduk santai. Sementara itu di sepanjang koridor lantai satu, berderet meja tempat jualan berbagai jenis kuliner nusantara, souvenir, buku, jilbab, dan produk pakaian lainnya.

Sementara itu di ruang  Teater Prof. Dr. Zakiah Darajat terpampang backdrop dengan tulisan “SILAKAN: Silaturahmi Akbar Alumni Fakultas Psikologi 2019”. Para mahasiswa baru angkatan 2019 duduk rapi di atas kursi dengan memakai baju warna putih berbaur dengan para alumni dari berbagai angkatan. Mereka telah siap untuk menyimak materi dari para alumni yang berbagi kisah sukses  dalam forum ALUMNI Sharing Session.

“SILAKAN yang artinya Silaturahmi Akbar Alumni Fakultas Psikologi 2019 ini kami desain sedemikian rupa dengan tujuan untuk memberikan inspirasi kepada adik-adik mahasiwa yang masih aktif kuliah dan menguatkan ikatan emosional sesama alumni.  Selain itu juga untuk mewujudkan kolaborasi yang kuat antar alumni, mahasiwa dan fakultas”, ucap Ghufran Ketua Ikatan Alumni Fakultas Psikologi dalam sambutannya.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, tambah Ghufran, panitia mengemas acara dalam bentuk ALUMNI Sharing Session. Dalam acara ini panitia  menghadirkan para alumni dari berbagai angkatan dan profesi di  bidang pendidikan tinggi, pendidikan sekolah, human resource, dan entrepreneur. Forum ini dimaksudkan untuk memberi inspirasi kepada adik-adik mahasiswa yang saat ini sedang menempuh kuliah di fakultas psikologi.

“Terdapat lima nama alumni yang menjadi nara sumber, mewakili dari berbagai angkatan. Mereka adalah Nanang Suprayogi, Ph.D (1997) , Ey Eka Kurniawan, M.Psi (2002), Nurbaiti Kumala, S.Psi (1997),  Haerul Ikhwan, S.Psi, dan  Rahmat Sholeh, S.Psi ”, ucap Ghufran seraya berharap melalui acara ini jejaring antar alumni dapat  ditingkatkan.

Alumni Sharing Session. Para alumni dari berbagai angkatan dan profesi berbagi kisah sukses inspiratif dalam acara SILAKAN 2019.

Dalam acara tersebut Nanang Suprayogi berbagi kisah sukses  bagaimana cara mendapatkan beasiswa untuk menempuh studi mulai dari S1  sampai dengan S3, di dalam dan luar negeri. Alumni Fakultas Psiologi angkatan 1997 tersebut, menempuh S2 dan S3 di  Gent University Belgia dan  saat ini menjadi dosen tetap dan koordinator penelitian di Universitas BINUS Jakarta.

“Untuk mendapatkan beasiswa  dan menempuh studi di luar negeri tidak mudah. Tantangannya sangat berat. Salah satunya adalah kemampuan bahasa Inggris. Oleh karena itu, adik-adik perlu memperkuat bahasa Inggris sejak awal”, ucap alumni Pondok Modern Gontor tersebut.

Sementara itu  Ey Eka Kurniawan berbagi  tentang pengalamannya bekerja sebagai HRD di berbagai perusahaan skala nasional dan internasional. Sedangkan Nurbaiti Kumala brebagi pengalaman sebagai guru BK dan  wakil kepala madrasah bidang kesiswaan di MTs Negeri 20 Jakarta. Pengalaman berwirausaha disampaikan oleh Rahmat Sholeh yang membuka usaha di pengolahan buah-buahan.

Secara terpisah Yunita Faela Nisa Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, mengatakan acara ini merupakan acara tahunan. Temu alumni tahun 2019 ini  didesain dengan menghadirkan mahasiswa baru, alumni dari berbagai angkatan dan  para Dekan Fakultas Psikologi.

“Pada sesi siang kami menghadirkan para Dekan Fakultas Psikologi, yaitu Netty Hartati, Jahja Umar, Abdul Mujib, dan Zahrotun Nihayah. Mereka telah berjasa membangun fondasi dan mengembangkan pendidikan di fakultas ini”, ucap Yunita di sela-sela mengoordinir mobilitas silaturahmi alumni seraya berharap supaya para mahasiswa dan alumni mampu menunjukkan sikap apresiatif terhadap para pemimpin dan dosen mereka.

Lebih lanjut Yunita mengatakan, alumni fakultas psikologi saat ini mencapai sekitar 1.800 orang.Namun karena alasan dan kondisi tertentu, hanya sekitar 150 orang yang hadir dalam acara silaturahmi alumni ini. “Semoga ke depan kita bisa menghadirkan banyak alumni, sehingga  tercipta ikatan emosional yang kuat antar alumni dan almamater”, ucapnya. (BS)