Self Healing dengan Olahraga? Memang Bisa

Cepatnya perkembangan zaman membuat individu perlu belajar beradaptasi terhadap tuntutan dari lingkungan. Kesehatan mental dapat terganggu jika individu tidak bisa beradaptasi dengan baik terhadap lingkungan dan tuntutannya. Oleh karena itu, diri sendiri memiliki peran utama dalam menjaga kesehatan mental. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk selalu menjaga kesehatan mental adalah dengan melakukan self-healing.

Berdasarkan latar belakang di atas, Discussion Community Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan diskusi Psy Speaker Series 4 dengan tema “Self-Healing dengan Olahraga? Emang Bisa?”. Webinar ini mendatangkan narasumber yang berpengalaman di bidang psikologi olahraga, yaitu Ibu Dr. Weni Endahing Warni, Psikolog dan narasumber lain yang merupakan seorang atlet wakeboard, yaitu Kanaya Anindita. Acara ini dilaksanakan secara dari oleh LSO Discussion Community Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada Sabtu, 18 Juni 2022 pukul 13.00 WIB. Acara ini cukup menarik perhatian banyak peserta yang berjumlah 73 peserta, yang sebagian besarnya merupakan mahasiswa.

Dalam paparannya, Ibu Dr. Weni Endahing Warni mengatakan, “Self-Healing merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan diri dari kejadian butuk yang memengaruhi emosional kita.”

Penjelasan dari Ibu Dr. Weni Endahing Warni kemudian ditambahkan oleh narasumber kedua, yaitu Kanaya Anindita. Kanaya Anindita mengatakan, “Berdasarkan apa yang saya rasakan, olahraga memberikan banyak manfaat, yaitu dapat memperbaiki mood, mengurangi stress, mengatasi depresi dan kecemasan, serta meningkatkan kepercayaan diri”.

Di akhir webinar, Bu Weni dan juga Kanaya mengajak peserta untuk bisa rajin berolahraga sebagai alternatif Self-Healing. “… niat awal dari olahraga baiknya adalah untuk menjadi sehat, agar nanti kita bisa menyukai berolahraga”, ucap Bu Weni sebagai closing statement.

Demikian reportase acara Webinar Nasional Psy Speaker Series 4 di bulan Juni 2022. Semoga bermanfaat, sampai jumpa di acara Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berikutnya.