REGERERASI DAN KEBIJAKAN MUTU FAKULTAS PSIKOLOGI

Alhamdulillah, segala puji dan syukur hanya milik Allah yang telah memberikan rahmat, taufik, dan hidayahNya, sehingga kita bisa menunaikan tugas mulia sehari-hari. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, para keluarga, sahabat dan pengikutnya.

Sebagaimana kita ketahui bersama, pada awal tahun 2019 telah terjadi regenerasi kepemimpinan di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, dari Prof. Dr. Dede Rosyada, MA kepada Prof. Dr. Hj. Amany Lubis, MA. Proses regenerasi di tingkat universitas ini juga diikuti dengan regeresasi di tingkat fakultas/lembaga/pusat untuk periode 2019-2023.

Selain proses regenerasi, tanggal 20 Mei 2019 merupakan hari Milad AIDA/IAIN/UIN ke-62. Sebuah perjalanan yang cukup panjang bagi sebuah lembaga pendidikan tinggi. Ibarat manusia, usia 62 sudah masuk katagori lanjut usia. Banyak perubahan, baik secara fisik maupun psikis. Dengan adanya peringatan Milad ke-62 ini, semoga UIN Syarif Hidayatullah dapat berperan aktif dalam malakukan moderasi Islam melalui pendidikan tinggi.

Fakultas Psikologi merupakan salah satu fakultas umum yang pertama di lingkungan UIN Jakarta. Dirintis sejak 1995 sebagai Program Studi pada Fakultas Tarbiyah dan menjadi Fakultas yang mandiri pada tahun 2002. Dalam usianya yang relatif muda, yaitu 17 tahun, fakultas psikologi telah memasuki meanstreaming dalam konteks pendidikan psikologi di Indonesia. Artinya eksistensi Fakultas Psikologi UIN Jakarta telah diperhitungkan dan diakui tidak hanya pada level nasional tetapi juga pada level internasional.

Dalam konteks transformasi dan pengembangan lembaga, Fakultas Psikologi UIN Jakarta membutuhkan strategi yang lebih terstruktur dan terukur dalam bidang pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengembangan, bidang administrasi umum dan keuangan, serta bidang pengabdian kepada masyarakat. Pengembangan juga perlu dilakukan dalam struktur organisasi dan tata kelola sumber daya manusia, budaya dan etos kerja yang lebih professional serta sistem tata kelola keuangan yang lebih transparan dan akuntabel.

Disamping itu, masyarakat Indonesia (di luar UIN Jakarta), memiliki ekspektasi tersendiri terhadap alumni UIN Jakarta, termasuk alumni Fakultas Psikologi. Oleh sebab itu Fakultas Psikologi perlu memiliki competitive and distinctive advantages dalam berbagai aspek, utamanya penguatan keislaman bagi para alumni. Dengan daya saing dan distingsi tersebut, diharapkan alumni fakultas Psikologi mampu memberikan kontribusi dalam level nasional dan internasional. Artinya, fakultas psikologi dituntut mengantarkan mereka untuk menjadi warga dunia (citizen of the world) yang memiliki karakteristik berpikir global (think globally) dan bertindak sesuai dengan kearifan lokal (local wisdom).
Filosofi kebijakan yang kami terapkan dalam menjalankan tata kekola fakultas adalah “Meneruskan kebijakan lama yang baik mengambil hal-hal baru yang lebih baik”. Adapun diantara kebijakan mutu fakultas psikologi adalah:
Mendahulukan kualitas daripada kuantitas
Berorientasi kepada mutu lulusan
Mengutamakan pelaku pendidikan
Melakukan kaderisasi dan human capital investment
Menerapkan prinsip ‘good governance”
Mempertahankan distingsi dan kekhasan “Keislaman” dan suasana yang religius
Menciptakan green campus

Berdasarkan filosofi dan kebijakan mutu tersebut, fakultas psikologi menetapkan tagline “Psychology for a Better Life”. Melali tagline ini, diharapkan manfaat psikologi sebagai bidang ilmu dapat dirasakan oleh setiap invididu dalam hidup bermasyarakat. Sivitas akademika Fakultas Psikologi UIN Jakarta, harus memiliki kehidupan yang lebih baik dengan menerapkan ilmu psikologi yang mereka pelajari.

Sebagai penutup, penulis menyampaikan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah memberikan inspirasi dan pemikiran dalam mengembangkan fakultas. Saran dan masukan dari semua pihak sangat penulis harapkan untuk mewujudkan cita-cita mulia tersebut, sehingga fakultas psikologi menjadi flagship di lingkungan Kementerian Agama khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

Ciputat, 24 Mei 2019
Dekan,

Dr. Zahrotun Nihayah, M.Si.