RAPAT DOSEN PSIKOLOGI: CAPAIAN IKU MELEBIHI TARGET, DOSEN DIBERI TUMBLER UNTUK MEWUJUDKAN GREEN CAMPUS

Suasana Rapat Dosen Fakultas Psikologi, Rabu, 26 Februari 2020.

Perjalanan seribu meter dimulai dari langkah pertama. Perencanaan yang matang merupakan setengah dari kesuksesan. Demikian kata orang bijak yang sering kita dengar. Menyadari pentingnya perencanaan dan persiapan, Fakultas Psikologi menyelenggarakan rapat dosen pada hari Rabu, 26 Februari 2020 di Ruang Sidang Utama, Lantai Dua Gedung Fakultas Psikologi.

Tujuan rapat dosen ini adalah untuk melakukan evaluasi perkuliahan semester ganjil dan persiapan perkuliahan semester genap yang akan dimulai tanggal 2 Maret 2020. Selain itu juga untuk melakukan sosialisasi program unggulan tahun 2020. Turut hadir dalam rapat dosen ini para wakil dekan, ketua dan sekretarias prodi, dosen dan jajaran pimpinan fakultas psikologi.

Menurut Dekan Fakultas Psikologi Zahrotun Nihayah rapat dosen ini merupakan rapat gabungan antara program studi sarjana psikologi (S1) dan program studi magister psikologi (S2). “Kami menyampaikan terimakasih kepada para dosen yang telah mengajar dengan penuh komitmen dan dedikasi pada semester ganjil. Demikain juga kami sampaikan terimakasih atas kesediaan para dosen yang akan mengajar pada semester genap”, ucap Zahrotun Nihayah.

Lebih lanjut Nihayah menyampaikan pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) tahun 2019. Dari 20 item yang ada di dalam IKU, 14 item pencapaiannya di atas 100%. Namun ada dua item yang pencapaiannya masih di bahwa target.

“Dua IKU yang belum mencapai target adalah persentase jabatan fungsional dosen, laboran dan pustakawan yang naik pangkat. Targetnya 10%, namun capaiannya baru 3%. IKU kedua adalah persentase pegawai yang mencapai nilai kinerja minimal 90. Targetnya 70%, namun capaiannya baru 44%”, ucap Nihayah.

Capain IKU yang patut disyukuri, tambah Dekan Fakultas Psikologi, adalah jumlah penerimaan dari hasil kerja sama fakultas dengan mitra kerja. Targetnya 250 juta rupiah, capaiannya 3.7 milyar. Sebagian besar kegiatan kerja sama ini dilakukan dalam bentuk asesmen yang dikelola oleh Pusat Layanan Psikologi (PLP).

Merespon dosen yang terlambat menyerahkan nilai, Dekan Fakultas Psikologi juga menyampaikan jika ada dosen yang terlambat memasukkan nilai ke Academic Information System (AIS) dan sudah melewati batas waktu yang ditetapkan, maka pihak fakultas akan memberikan nilai B kepada semua mahasiswa.

“Kebijakan ini kami ambil supaya dosen termotivasi untuk memasukkan nilai tepat waktu. Selain itu juga supaya tidak ada mahasiswa yang terkendala melakukan registrasi ulang karena masih ada nilai yang belum masuk”, ucap Dekan Fakultas Psikologi.

Program Unggulan

Dalam rapat dosen kai ini juga dipaparkan program unggulan tahun 2020. Diantara program unggulan tahun 2020 adalah peningkatan budaya akademik dan greeen campus. Budaya akademik dilakukan melalui forum berbagi pengalaman dari para dosen atau mahasiswa dalam berbagai bidang keilmuan psikologi. Selain itu juga pemberlakuan cek kesamaan melalui aplikasi Turnitin bagi mahasiswa yang sudah lulus ujian proposal dan akan menyusun skripsi/tesis. Tidak kalah pentignya adalah peningkatan publikasi ilmiah yang melibatkan dosen dan mahasiswa.

“Penelitian mahasiswa dalam bentuk skripsi atau tesis sangat layak dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional bereputasi. Peran dosen pembimbing memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan bimbingan kepada mahasiswa untuk menghasilkan karya ilmiah. Data dan bahan tulisan sudah ada, tinggal bagaimana mengemasnya dalam fotmat artikel jurnal”, ucap Wakil Dekan Bidang Akademik seraya menambahkan selain pembimbing penguji juga bisa diikutkan sebagai co-author dalam penulisan ilmiah.

Dengan pola ini, tambah Wakil Dekan Bidang Akademik, para dosen di tengah-tengah kesibukan yang ada dan keterbatasan anggaran penelitian, akan tetap memiliki kredit di bidang penelitian dan publikasi ilmiah. Pola seperti ini telah diterapkan di beberapa perguruan tinggi lain.

Terkait dengan program ‘Green Campus”, Fakultas Psikologi memberikan tumbler kepada para dosen. “Mulai sekarang pihak fakultas tidak lagi menyediakan air mineral dalam botol plastik. Kami akan menyediakan air mineral di dalam galon, supaya dosen bisa melakukan isi ulang ke dalam tumbler yang kami sediakan”, ucap Yufi Adriani Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum.

Di Bidang Kemahasiswaan, Dekan Fakultas Psikologi telah membentuk Mahkamah Etika tingkat fakultas, sebagaimana dituangkan dalam Keputusan Dekan Nomor 24 Tahun 2020 tertanggal 7 Februari 2020.

Tumbler yang dibagikan kepada para dosen Fakultas Psikologi dalam rapat dosen hari ini, Rabu, 26 Februari 2020. Bersama kita wujudkan Green Campus.
Sebagai ucapan terimakasih kepada pihak fakultas, seorang dosen mengekspresikannya dalam bentuk pantun berikut ini.

Gunung Merapi enak dipandang
Sambil makan nasi lauk rendang
Saatnya kita nyatakan perang
Melawan sampah yang tidak bisa didaur ulang

Hari Sabtu pergi ke butik
Membeli baju bermotif batik
Saatnya kita tinggalkan plastik
Kampus kita pasti jadi CANTIK

Akhir bulan menatap kalender
Memperhatikan hari dan tanggal
Terimakash Bu Dekan yang memberi Tumbler
Kepada plastik kita ucapkan selamat tinggal