RAKER DEMA 2021: Jadikan Program Sebagai Intervensi Meningkatkan Kualitas Mahasiswa FPSI UIN JAKARTA

Rapat Kerja atau biasa disingkat sebagai Raker adalah sebuah acara yang wajib dilakukan dalam sebuah organisasi. Dalam raker, setiap departemen atau divisi dari sebuah organisasi berlomba-lomba memaparkan program yang akan dilakukan dalam masa kepengurusan.

Kepengurusan Dema FPsi 2021 melaksanakan rapat kerja pada Selasa dan Rabu, 26 dan 27 Januari 2021. Rapat ini dilakukan secara online melalui Zoom Meetings, yang diikuti lebih dari 80 partisipan. Selain diikuti oleh peserta raker, acar tersebut juga dihadiri oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Yunita Faela Nisa, M.Psi., Psikolog, Wakil Dekan I Bidang Akademik, Yufi Adriani, Ph.D., Ketua Senat Mahasiswa (Sema) Fakultas Psikologi UIN Jakarta, M. Fathur Rayyan, dan juga perwakilan dari Lembaga Semi Otonom (LSO) Fakultas Psikologi.

Gambar 1. Suasana Raker Dema F.Psi 26-27 Januari 2021 yang dilakukan secara daring

Dalam sambutannya, Dr. Yunita Faela Nisa, M.Psi., Psikolog, menyampaikan rasa terima kasih atas antusiasme yang ditunjukkan oleh pengurus DEMA dalam melaksanakan raker ini. Selain itu, pesan penting yang disampaikan adalah “Raker ini sebagai upaya Dema untuk bisa menentukan program kerja sesuai kebutuhan mahasiswa.” Lebih lanjut Yunita menyampaikan “jadikan program kerja Dema sebagai upaya melakukan intervensi untuk peningkatan kualitas mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Jakarta”. Caranya adalah, “Lakukan identifikasi kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi mahasiswa, buat program sebagai bentuk intervensi dan lakukan evaluasi apakah program yang dibuat bisa mencapai target yang diharapkan”.

Hari pertama raker diisi dengan beberapa agenda diantaranya adalah : Pembukaan, Sidang Pleno I (yang berisikan tentang pembahasan manual acara, tata tertib, dan pemilihan presidium sidang tetap), dilanjutkan dengan Sidang Pleno II yang berisikan perancangan program kerja, pembuatan TOR kegiatan, dan presentasi program kerja. Pada hari pertama departemen yang berkesempatan mempresentasikan program kerjanya adalah Badan Pengurus Harian (BPH), Departemen Kemahasiswaan, Departemen Keilmuan, Departemen Olahraga dan Kesehatan, dan Departemen Keagamaan.

Gambar 2. Pembacaan Tata Tertib Oleh Presidium Sidang Sementara, Kahfi Rafsanjani

Pada hari kedua, acara yang dilakukan adalah melanjutkan presentasi program kerja yang dilakukan oleh Departemen Kajian Strategis, Departemen Seni dan Budaya, Departemen Pemberdayaan Perempuan, Departemen Sosial dan Lingkungan, Departemen Komunikasi dan Informasi, dan Departemen Ekonomi Kreatif. Setelah semua departemen memaparkan program kerja mereka, acara dilanjutkan dengan agenda Sidang Pleno III yang berisi pengesahan program kerja dan penetapan Timeline dari masing-masing program kerja. Acara Raker DEMA Fakultas Psikologi UIN Jakarta ini, kemudian ditutup dengan pembacaan doa dan foto bersama seluruh partisipan acara.

Semoga raker ini menjadi awal untuk mendapatkan program kemahasiswaan yang berkualitas dan sesuai kebutuhan mahasiswa. Selamat bertugas. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa dalam program kemahasiswaan berikutnya.