PROFIL DEMOGRAFI MAHASISWA BARU FAKULTAS PSIKOLOGI Rasio 1:16, Lulusan SMA Masih Mendominasi

Dekan Fakultas Psikologi beserta jajarannya berpose bersama mahasiswa baru di ruang teater pada hari terakhir pelaksanaan PBAK, Kamis, 29 Agustus 2019.

Animo lulusan SMA/MA dan SMK/MAK untuk masuk ke Fakultas Psikologi UIN Jakarta sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari jumlah lulusan sekolah menengah yang mendaftarkan diri melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan MANDIRI.  Berdasarkan data dari Bagian Akademik UIN Jakarta, pada tahun ini sebanyak 3860 orang mendaftar ke Fakultas Psikologi melalui tiga jalur tersebut. Adapun rinciannya adalah 934 orang pendaftar melalui jalur SNMPTN, 1123 orang pendaftar melalui jalur SBMPTN, dan 1803 orang pendaftar melalui jalur MANDIRI.

Sementara itu kuota yang tersedia sangat terbatas, yaitu 200  orang dengan rincian 60 untuk  kuota SNMPTN 60,  80 untuk kuota SBMPTN, dan 60 untuk kuota MANDIRI. Dari jumlah pendaftar tersebut, mereka yang lulus atau diterima untuk masing-masing jalur sebanyak 60 orang (SNMPTN), 83 (SBMPTN), dan 90 orang (MANDIRI). Total yang diterima atau lulus adalah 233 orang.

Data tersebut menunjukkan bahwa rasio pendaftar dan mahasiswa yang diterima adalah 1 berbanding 16.  Jumlah mahasiswa yang diterima lebih banyak dari kuota yang tersedia, yakni 200 orang. Perbedaan jumlah ini merupakan langkah antisipatif, jika ada calon mahasiswa yang diterima tetapi tidak melakukan pendaftaran ulang karena diterima di perguruan tinggi lain.

Pada kenyataannya, jumlah mahasiswa yang mendaftar ulang sebanyak 186 orang dengan rincian 57 dari jalur SNMPT, 74 dari jalur SBMPTN, dan 54 dari jalur MANDIRI. Artinya, terdapat 3  orang dari jalur SNMPTN, 8 orang dari jalur BSMPTN, dan 36 orang dari jalur MANDIRI yang tidak melakukan pendaftaran ulang. Namun, pada saat pelaksanaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) dari tanggal 26-29 Agustus 2019, mahasiswa baru  yang ikut kegiatan tersebut sebanyak 185. Menurut Kepala Subbagian Akademik, ada satu mahasiswi yang mengundurkan diri,meskpun yang bersangkutan sudah melakukan pendaftaran ulang. Namun sampai berita ini ditulis, belum diketahui alasan pengunduran diri mahasiswa baru tersebut.

Dari segi gender, mahasiswa yang diterima  sebanyak 43 (23%) laki-laki dan 143 (77%) perempuan.  Artinya, peminat Fakultas Psikologi masih didominasi oleh perempuan. Mahasiswa dari lulusan SMA sebanyak 119 orang dengan rincian 88 orang dari SMA Negeri dan 21 orang dari SMA Swasta. Mahasiswa dari lusasan Madrasah Aliyah sebanyak 52 orang dengan rincian 33 MA Negeri dan 19 MA Swasta. Sementara itu, lulusan pesantren sebanyak 6 orang dan lulusan SMK sebanyak 8 orang.  Data ini menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa Fakultas Psikologi dari lulusan SMA (64%), diikuti lulusan  MA (28%), lulusan SMK (4%), dan lulusan pondok pesantren (3%).

Panitia pelaksana PBAK bekerjasama dengan Laboratorium Fakultas Psikologi menyelenggarakan psikotest bagi mahasiswa baru. Hasil psikotest sampai saat ini masih dalam proses analisis. Hasil psikotest ini sangat berguna bagi dosen pengampu mata kuliah dan dosen pembimbing akademik dalam memberikan layanan kepada mahasiswa.

Hari ini, Kamis, 29 Agustus 2019 merupakan hari terakhir pelaksanaan PBAK. Pada kesempatan  ini, Zahrotun Nihayah Dekan Fakultas Psikologi beserta jajarannya memberikan materi tentang fakultas psikologi. Turut hadir dalam acara ini seluruh Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Program Studi, Kepala Bagian Tata Usaha, Kepala Subbagian, Ketua Gugus Jaminan Mutu, Kepala Laboratorium, dan Kepala Urusan Perpustakaan.

Para mahasiswa baru akan mulai masuk kuliah pada tanggal 2 September 2019 sampai dengan 20 Desember 2019 pada semester ganjil tahun ini.

Selamat datang di Fakultas Psikologi UIN Jakarta.

Selamat bergabung menjadi mahasiswa dan keluarga besar Fakultas Psikologi. (BS)