PRODI MAGISTER PSIKOLOGI MENGADAKAN WORKSHOP MANAGEMEN REFERENSI

Agus Rifai,Ph.D memberikan materi tentang Managemen Referensi: Pengenalan Aplikasi Zotero kepada mahasiswa baru Prodi Magister Fakultas Psikologi (24/9/2019).

Selasa, 24 September 2019 Program Studi Magister Psikologi mengadakan workshop managemen referensi dengan tema ‘’Pengenalan Aplikasi Zotero’’ yang diselenggrakan di Fakultas Psikologi. Workshop ini menghadirkan nara sumber dari pustakawan Graduate Research Library Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta yaitu Agus Rifai, Ph.D.  Sebanyak 23 mahasiswa baru Magister Psikologi dari peminatan psikologi pendidikan, psikologi organisasi dan industri, serta psikometri menghadiri workshop.

Menurut Gazi Ketua Prodi Magister Psikologi tujuan workshop ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah, khususnya dalam mengelola file  dan menulis referensi secara digital. “Setelah pelatihan ini, diharapkan mahasiswa dapat mempraktikkannya dalam penulisan karya ilmiah, khususnya dalam penulisan tesis atau tugas perkuliahan”, ucap Gazi seraya menambahkan bahwa workshop yang sama juga akan diberikan kepada  mahasiswa  semester tiga ke atas pada tanggal 30 September 2019.

Agus Rifai dalam presentasinya memperkenalkan aplikasi Zotero, bagaimana cara mengorganisasikan dan menggunakannya.  Dalam pembahasannya Agus Rifai mengatakan bahwa Zotero digunakan untuk memudahkan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah. “Zotero merupakan suatu kunci kesuksesan dalam penyusunan karya tulis ilmiah. Sebab Zotero adalah alat untuk mengelola referensi secara otomatis mulai dari pengumpulan, penyimpanan, sampai berbagi (sharing) data yang digunakan untuk mendukung kegiatan ilmiah atau akademik”, ucap alumni International Islamic University Malaysia (IIUM) tersebut.

Rifai juga menyampaikan alasan mengapa mahasiswa perlu menggunakan zotero dalam pembuatan karya tulis. Selain mudah digunakan Zotero juga memiliki sensitifitas yang tinggi, mengumpulkan semua penelitian menjadi satu dan mudah dicari, dapat menambahkan pdf, foto, vidio dan audio secara manual, serta  secara otomatis mengindeks konten teks secara lengkap di perpustakaan yang dapat dibuat sendiri.

Mahasiswa sangat antusias dan menyambut baik pelaksanaan workshop ini. Terlihat selama dua jam mengikuti workshop mereka dapat langsung mempraktikkan cara mengoperasikan Zotero. ”Wau  keren banget. Workshop ini memberikan kemudahan dalam penulisan karya ilmiah, hemat waktu dan tenaga dalam membuatnya’’ ucap Ika Maya salah satu mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut.

Secara terpisah Wakil Dekan Bidang Akademik Bambang Suryadi mengatakan untuk mahasiswa program sarjana (S1), pelatihan penggunaan Zotero juga telah diberikan  dalam acara PBAK. “Keterampilan teknis penggunaan Zotero ini sengaja didesain di awal, supaya mahasiswa bisa menerapkannya dalam mengerjakan tugas kuliah atau penulisan karya ilmiah seperti skripsi atau tesis”, ujarnya.

Harapannya setelah pelatihan ini, tambah Bambang, tidak ada mahasiswa yang menulis referensi secara manual dalam membuat karya ilmiah. Sebab, jika dilakukan secara manual akan sangat merepotkan dan menyita banyak waktu, pikiran, dan tenaga.  (Isna-BS)