Pra-Workshop Kurikulum Magister Psikologi Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2021

Gambar 1. Background Pra-Workshop Prodi Magister Psikologi

Kurikulum merupakan salah satu komponen yang penting dalam penyelanggaraan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum perlu dievaluasi secara berkala untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Berkenaan dengan hal tersebut,  Program Studi Magister Sains Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan pra-workshop kurikulum Prodi Magister Sains pada tanggal 11, 15, dan 17 Februari 2021.

Gambar 2. Dekan, Kaprodi, dan Dosen Prodi Magister sedang berdiskusi ria

Kegiatan pra-workshop dilaksanakan berdasarkan peminatan. Peminatan psikologi pendidikan dilaksanakan pada tanggal 11 Februari 2021, peminatan psikologi industry dan organisasi dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2021, dan peminatan psikometri dilaksanakan pada tanggal 17 Februari 2021. Seluruh kegiatan dilaksanakan secara online dan diikuti oleh seluruh dosen program studi magister psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Gambar 3. Mendiskusikan salah satu isu workshop

Pada kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dr. Zahrotun Nihayah, M,Si., mengharapkan agar kegiatan pra-workshop ini bisa menghimpun berbagai masukan terhadap kurikulum magister psikologi dan dapat mengembangkan kurikulum yang kompetitif dan berkualitas untuk kemajuan magister psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kegiatan pra-workshop tersebut merupakan rangkaian awal kegiatan Workshop kurikulum Program Magister (S2) Psikologi. Kegiatan ini merupakan salah satu strategi untuk memastikan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan oleh para tenaga pendidik (dosen) sudah sesuai dengan pengembangan kurikulum Program Studi yang ada di Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sesuai dengan pedoman KKNI dan PDDIKTI. Selain itu, kegiatan ini pun merupakan salah satu bentuk pemantapan Program Studi serta dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang berbasis riset, terknologi, informasi dan inovasi.

Gambar 4. Visi dan Misi Prodi Magister dibahas peserta