PLP GELAR WORKSHOP PSIKOTERAPI QALBUN SALIM, PESERTA ANTUSIAS DAN PUAS

Melalui program dan kegiatan yang ditawarkan, eksistensi Pusat Layanan Psikologi (PLP) Fakultas Psikologi UIN Jakarta semakin dirasakan oleh publik. Tidak hanya sivitas akademika UIN Jakarta, tetapi juga masyarakat umum. Berbagai kegiatan digelar, mulai dari asesmen, pelatihan, workshop, diskusi, dan coaching.

Kali ini, PLP kembali menggelar workshop “psikoterapi qalbun salim: Pendekatan Psikoanalisis Islam” dengan nara sumber Abdul Mujib Guru Besar Fakultas Psikologi UIN Jakarta. Acara berlangsung selama dua hari, 24-25 Februari 2020, bertempat di gedung PLP Jalan Kerta Mukti, Pisangan, Ciputat, Tangerang Selatan. Acara ini diselenggarakan bekerjasama dengan HIMPSI Banten. Peserta sangat antusias dan puas dengan materi pelatihan.

Mulia Sari Dewi Ketua PLP dalam sambutannya mengatakan acara ini diinisiasi oleh resahnya para praktisi dan ilmuwan psikologi melihat permasalahan psikologis yang muncul dan dinilai lebih ajek apabila diselesaikan dengan pendekatan Islam, mengingat bahwa Indonesia merupakan Negara mayoritas muslim.

“PLP berkomitmen untuk meberikan layanan training. Ada dua fokus training yaitu training pengukuran psikologi dan psikologi Islam. Training dilakukan sebagai wujud bakti PLP dalam pengembangan ilmu pengetahuan kepada masyarakat”,ucap Ketua PLP.
Dalam pemaparannya, Abdul Mujib menyatakan bahwa qalbu salim diharapkan mampu menjadi alternatif pengembangan dari teori psikoterapi yang sudah berkembang saat ini.

“Ke depan, konsep terapi dengan qalbun salim ini diharapkan menjadi alternatif dalam praktik psikoterapi. Sebab nilai yang dipegang oleh psikoterapi qalbun salim dalam menghadapi klien ialah tidak hanya berbicara apa adanya, tetapi juga bagaimana seharusnya”, ucap Ketua Pusat Kajian Psikologi Islam tersebut.

Materi pelatihan qalbunsalim ini diantaranya membahas paradigm psikoterapi qalbun salim, struktur kesadaran manusia dalam Islam, dinamika kesadaran manusia dalam Islam, Kesehatan psiko-qalbiyah, Diagnosis qalbun Maridh, Psikoterapi Qalbun salim dengan pendekatan psikoanalisis Islam, katarsis ilahiyah, asosisasi bebas ilahiyah, analisis mimpi, dan hipnonis Islami.

Secara terpisah Mulia Sari Dewwi mengatakan pelatihan ini merupakan workshop qolbun salim yang pertama. Diharapkan nantinya akan berlangsung kembali workshop qalbun salim hingga psikoterapi qalbun salim mampu diaplikasikan oleh para praktisi psikologi sebagai alternatif psikoterapi.