PESAN PETER PAUL MOORMAN KEPADA MAHASISWA PSIKOLOGI: Do It, Follow Your Heart and Keep Your Dreams

Prof Peter Paul Moorman memberikan motivasi dan perkuliahan kepada mahasiswa program magister psikologi, UIN Jakarta, pada hari Rabu, 14 Agustus 2019.

Kehadiran Visiting Professor Peter Paul Moorman di Fakultas Psikologi memberikan kesan tersendiri bagi mahasiswa Program Studi Magister Psikologi (S2). Kunjungan ini merupakan yang kedua kalinya. Penampilan dan pembawaan Professor Moorman tidak jauh berbeda dibandingkan dengan kunjungannya untuk pertama kali pada tahun 2010. Dia tetap tampak segar, bugar, dan bersahabat.

Selama di Fakultas Psikologi (14/8/2019), selain menjadi nara sumber diskusi tentang perkembangan elexithymia, Prof Moorman juga memberikan motivasi kepada para mahasiswa program magister di ruang kuliah 108. Berikut ini beberapa kesan para mahasiswa selama mengikuti diskusi dan perkuliahan bersama pakar alexithymia warga negara Belanda yang lahir di Surabaya tujuh puluh tahun yang lalu.

Putri Nuraini, mahasiswa di bidang Psikologi Industri dan Organisasi (PIO),  merasa senang dengan adanya Visiting Professor tersebut, meskipun waktunya singkat.  “Bisa menambah pengetahuan saya, khususnya yang terkait dengan elexithymia, faktor-faktor yang memengaruhi dan karakteristik orang dengan alexithymia tipe-1, tipe-2, dan tipe-3”, ujarnya.

Selama mengikuti diskusi dan perkuliahan bersama Prof Moorman, Putri merasa mendapat motivasi yang luar biasa. “Pesan beliau yang saya ingat adalah “follow your heart” dan fokus pada mimpi-mimpi yang ingin kamu capai. Jangan peduli dengan cacian dan makian orang lain tentang apa yang kamu kerjakan. Just follow your heart”, tulis Putri ke tim pengelola website fakultas.

Sementara itu, Roby Farhan mahasiswa bidang psikologi pendidikan, memiliki kesan yang serupa. “Prof Moorman sangat friendly dan humble. Penamplannya santai, dengan pakaian kasualnya. Terkait dengan bidang psikologi, ketika ditanya mengapa pada akhirnya beliau memilih psikologi, jawabannya adalah  karena beliau termasuk salah satu orang yang memiliki banyak interest, termasuk ice dance”.

Pesan Prof Moorman yang selalu diingat Roby adalah: “Lambat laun, sebagai mahasiswa kalian akan memperhatikan apa yang penting buat kalian. Semuanya akan tetap berjalan dengan komitmen dan kegigihan yang saat ini kalian miliki”.

Bagi  Jesyia Meirinda, Prof Moorman memberikan motivasi bagaimana cara mencapai mimpi dan cita-cita. Setiap orang memiliki mimpi. Tapi cara mencapai mimpinya berbeda-beda. Jika kalian sudah memiliki mimpi, maka harus dilakukan walaupun saat melakukan hal tersebut tidaklah mudah. “Do it, follow your heart, and keep your dreams”.  Demikian pesan Prof Moorman yang selalu diingat Jeysia. (BS)

Prof Moorman berdialog dengan mahasiswa program studi magister psikologi di taman Fakultas Psikologi UIN Jakarta (14/8/2019)