Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Sema dan Dema FPsi Tahun 2021 : Pentingnya Akhlakul Karimah dan Kualitas Mahasiswa

Gambar 1. Acara Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Sema dan Dema Fakultas Psikologi Tahun 2021

Sebagai sarana penunjang pendidikan dan untuk mengembangkan kemampuan diri (soft skills) mahasiswa, peran organisasi kemahasiswaan sangat penting. Dengan mengasah softskill-nya, mahasiswa menyiapkan diri untuk dapat berbaur dan bermanfaat dalam kehidupan masyarakat. Pada hari ini, Selasa, 12 Januari 2021, Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melaksanakan Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Senat Mahasiswa (Sema) dan Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) periode 2021.

Acara pelantikan dan serah terima jabatan kali ini sedikit berbeda dengan acara-acara sebelumnya. Pada acara kali ini, prosesi dilakukan secara virtual melalui media Zoom Meeting. Meski dilakukan secara virtual, sama sekali tidak mengurangi khusyuk dan kondusivitas acara pelantikan dan serah terima jabatan tersebut. Selain dihadiri oleh Anggota Sema dan Dema, acara kali ini juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Psikologi, Dr. Zahrotun Nihayah, M.Si, tiga Wakil Dekan, Kaprodi dan Sekprodi, serta dosen-dosen Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dalam rangkaian pembacaan SK Dekan tentang Struktur Kepengurusan Sema dan Dema 2021, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Dr. Yunita Faela Nisa, M.Psi., Psikolog menyampaikan, “Selamat kepada M. Fathur Rayyan, mahasiswa angkatan 2019 sebagai Ketua Sema terpilih, serta Haris Munandar, mahasiswa angkatan 2018 sebagai Ketua Dema Terpilih Periode 2021. Terima kasih juga kepada Rahmawati Nuzulia sebagai Ketua Sema, dan Shandi Fadhila sebagai Ketua Dema F.Psi sebelumnya. Semoga dedikasi kepengurusan sebelumnya menjadi amal jariyah dan berkah”.

Gambar 2. M. Fathur Rayyan, Ketua Sema FPsi Terpilih

 

Gambar 3. Haris Munandar, Ketua Dema FPsi Terpilih

Dalam acara tersebut Dekan Fakultas Psikologi Dr. Zahrotun Nihayah, M.Si. memberikan wejangan kepada Ketua Sema dan Dema terpilih periode 2021, “Sebagai ketua terpilih, penting untuk kalian berlaku adil dalam memimpin, upayakan rahmatan lilalaamiin, yang merangkul semua, dan tidak mengedepankan urusan individu ataupun kelompok tertentu. Semoga amanah,  sukses, dan dimudahkan dalam menjalankan program-program kemahasiswaan.” Selanjutnya, Bu Nihayah panggilan akrab Dekan Fakultas Psikologi juga kembali mengingatkan Ketua Sema dan Dema yang terpilih, “Fathur dan Haris bisa bersama-sama meningkatkan akhlakul kharimah mahasiswa Fakultas Psikologi. Juga yang tak kalah penting, kalian bisa membuat program-program yang dapat meningkatkan kualitas mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta”.

Gambar 4. Pemberian Amanah oleh Dekan Fakultas Psikologi Kepada Ketua Sema dan Dema periode 2021.

Fakultas Psikologi mengucapkan selamat mengemban amanah bagi kepengurusan Sema dan Dema periode 2021. Semoga berkah, amanah, dan sukses menjalankan program-programnya. Maju dan berkarya mahasiswa Psikologi UIN Jakarta. Demikian reportase pelantikan Sema dan Dema Fakultas Psikologi hari ini. Sampai bertemu di program kemahasiswaan berikutnya. Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu.