Panduan Ujian Komprehensif Mahasiswa Prodi Magister Psikologi

Salah satu kompetensi lulusan yang harus dimiliki mahasiswa Program Studi Magister (S2) Psikologi adalah penguasan terhadap teori keilmuan psikologi. Menyadari pentingnya penguasaan teori keilmuan ini, mahasiswa Program Studi Magister Psikoogi (S2) Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta wajib mengikuti ujian komprehensif.

Tujuan ujian komprehensif adalah untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam memahami dan mengembangkan materi-materi perkuliahan yang sesuai dengan bidang keilmuan. Selain itu, ujian komprehensif merupakan proses mempertahankan hasil kajian teoritis terhadap tema penelitian (state of the art) yang akan dijadikan dasar penyusunan rencana penelitian atau proposal penelitian tesis.

Buku panduan ini bertujuan membantu mahasiswa Program Studi Magister Psikologi UIN Jakarta dalam menyusun dan mempersiapkan proses ujian komprehensif, serta berfungsi menjaga dan meningkatkan kualitas penulisan ilmiah.

Buku panduan ini berisi penjelasan tentang bagaimana menyiapkan tema riset dan kajian teoritis komprehensif (state of the art) yang menjadi fokus penelitian. Buku panduan ini juga menyajian alur proses ujian komprehensif.

Semoga buku panduan ujian komprehensif ini dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa dan dosen sehingga meningkatkan jumlah mahasiswa yang menyelesaikan studi tepat waktu.

Silahkan unduh buku panduan ujian komprehensif pada link berikut:

Panduan ujian komprehensif Magister Psikologi UIN Jakarta