Optimalkan Fungsi Legislatif ORMAWA: Raker SEMA-F. Psikologi 2021

Raker yang merupakan akronim dari Rapat Kerja, adalah suatu kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh sebuah organisasi mau pun lembaga. Acara inti dari kegiatan Rapat Kerja ini adalah untuk membahas bersama program kerja satu periode masa kepengurusan sebuah organisasi serta sebagai upaya upgrading kualitas dalam pelaksanaan tugas dan pelayanan pada sasaran/mahasiswa.

Gambar 1. Suasana Raker Sema F.Psikologi, 31 Januari 2021

Pada Minggu, 31 Januari 2021 telah dilaksanakan Rapat kerja SEMA FPsi periode 2021. Rapat kerja tahun ini dilaksanakan secara online atau daring melalui Zoom Meetings dengan dihadiri oleh kurang lebih 20 partisipan. Selain dihadiri oleh anggota SEMA-F sendiri, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Psikologi UIN Jakarta, Dr. Zahrotun Nihayah, M.Si., Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Yunita Faela Nisa, M.Psi., Psikolog, Kabag Tata Usaha Fakultas Psikologi, Uus Kudsiyah S.Pd, M.M, Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Psikologi UIN Jakarta, Haris Munandar, juga perwakilan dari Senat Mahasiswa (SEMA) Universitas, serta perwakilan dari Lembaga Semi Otonom (LSO) Fakultas Psikologi.

Kegiatan ini dibuka oleh Dr. Zahrotun Nihayah, M.Si. yang sekaligus memberikan sambutannya terkait pelaksanaan Raker. Dalam pembukaannya, bu Nihayah menyampaikan, “Rapat kerja SEMA Fakultas Psikologi 2021 diharapakan menghasilkan program-program yang bermanfaat untuk kemajuan fakultas psikologi, terutama bagi mahasiswa”. Selanjutnya, dalam kaitannya dengan peran SEMA-F sebagai lembaga legislatif dalam organisasi kemahasiswaan, “diharapkan SEMA-F dan DEMA-F dapat bersinergi satu sama lain untuk melaksanakan program-program yang telah dibuat atau beriringan dengan program yang dilaksanakan oleh dewan mahasiswa guna mencapai kemajuan Fakultas Psikologi serta demi kemaslahatan mahasiswa Fakultas Psikologi”.

Gambar 2. Ketua Sema FPsi, M. Fathur Rayyan sedang Memimpin Presidium Sidang

Acara Rapat Kerja SEMA Fakultas Psikologi ini diisi dengan beberapa agenda atau kegiatan, mulai dari Sidang Pleno I, yang berisi pembahasan manual acara dan tata tertib, presentasi program kerja DEMA Fakultas Psikologi oleh saudara Haris Munandar selaku Ketua DEMA Fakultas Psikologi. Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan Sidang Pleno II/Sidang Komisi yang membahas rancangan program-program kerja dari setiap divisi, pembuatan TOR kegiatan, dan presentasi program kerja. Terakhir, dilanjutkan dengan Sidang Pleno III/Sidang Paripurna, yang merupakan pengesahan hasil sidang. Adapun beberapa divisi yang memaparkan program kerjanya pada kegiatan Raker tersebut, diantaranya: Hukum & Perundang-Undangan, Pengawasan, Aspirasi dan Advokasi, Kelembagaan, serta KOMINFO.

Ada yang menarik pada Raker kali ini, yaitu dilaksanakannya peresmian channel youtube SEMA FPsi oleh Dekan Falkultas Psikologi UIN Jakarta yang diwakilkan oleh Wakil Dekan III, Dr. Yunita Faela Nisa, M.Psi., Psikolog. “Semoga dengan adanya channel youtube ini diharapkan dapat bermanfaat untuk kerja dan sosialisasi tentang Senat Mahasiswa Fakultas Psikologi dan dapat menjadi salah satu pintu komunikasi terhadap mahasiswa psikologi dengan pihak lain”. Dengan demikian, “SEMA Fakultas Psikologi tidak hanya dapat dijangkau melalui akun media sosial seperti Instagram, Line, Email saja, namun saat ini juga dapat dijangkau melalui channel Youtube dengan nama Sema-F Psikologi UIN Jakarta.”

Acara Raker SEMA Fakultas Psikologi periode 2021 ini diakhiri dengan pembacaan do’a dan foto bersama seluruh partisipan acara. Semoga raker ini menjadi wadah awal demi terwujudnya program kemahasiswaan yang berkualitas dan setiap program kerja yang telah disusun dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah disusun. Jaga motivasi, semangat, dan kekompakan agar selalu terpompanya kinerja tiap divisi serta terbentuknya kualitas pelayanan yang baik bagi mahasiswa. Selamat bertugas. Sampai jumpa di kegiatan kemahasiswaan selanjutnya. Salam.