MAHASISWI FAKULTAS PSIKOLOGI UIN JAKARTA MELAKUKAN KKL DI BPK

Empat mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Jakarta secara resmi diterima melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Serah terima dilakukan oleh Bambang Suryadi sebagai dosen pembimbing kepada Bapak Hari Haryanto Kepala Subbagian Sumber Daya Manusia, didampingi oleh Bapak Yoyo Saehudin, pada hari Jumat, 5 Juli 2019.

Empat mahasiswi tersebut adalah Fitra Annisa Sasty, Rahayu Agustiana,Ryra Zahra Permata, dan Riana Citra Fauziyya. Program KKL ini berlangsung selama dua bulan dan akan selesai pada akhir Agustus. Sebenarnya para mahasiswi tersebut telah memulai KKl sejak tanggal 1 Juli 2019 yang lalu, namun secara resmi baru kali ini dilakukan serah terima. Hal ini karena menyesuaikan waktu dari pihak BPK yang akan menjadi pembimbing lapangan dan waktu dosen pembimbing.

“Alhamdulilah, hari ini bisa dilakukan serah terima mahasiswa KKL. Atas nama Fakultas Psikologi, kami menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bapak Hari Haryanto beserta jajarannya yang telah menerima mahasiswi kami untuk melaksanakan KKL di BPK”, ucap Bambang mengawali acara serah terima di lantai tiga Menara F Gedung BPK.

Supaya kerjasama antar Fakultas Psikologi dan BPK ini dapat berkelanjutan, Bambang juga menyampaikan rencana fakultas untuk melakukan Memorandum of Agreement (MoA) antar kedua belah pihak. MoA ini sejalan dengan kebijakan Pemerintah untuk melakukan sinergi antara lembaga pendidikan dan lembaga pemerintahan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia.

Sementara itu, Hari Heryanto mengatakan program KKL di BPK ini merupakan angkatan yang keempat. Oleh karena itu, ketika Fakultas Psikologi mengajukan permohonan untuk melakukan KKL, pihak BPK dapat menerima dengan senang hati.

“Telah menjadi bagian dari misi kami untuk melakukan kemitraan dengan lembaga pendidikan seperti Fakultas Psikologi UIN Jakarta melalui program KKL atau magang kerja”, ucap Hari yang baru saja melakukan perjalanan dinas ke luar negeri untuk menghadiri konferensi internasional di Paris.

Selain dari UIN Jakarta, tambah Hari, saat ini juga ada mahasiswa dari perguruan tinggi lain yang melakukan KKL atau magang kerja di BPK. Setiap tahun selalu ada mahasiswa perguruan tinggi atau siswa sekolah untuk melakukan KKL atau magang di BPK.

Terkait dengan permohonan untuk dilakukan MoA, pada prinsipnya pihak BPK sebagaimana disampaikan Hari, sangat mendukung. Namun MoA ini akan dibahas lebih lanjut di internal BPK pada Minggu depan.

Pada kesempatan tersebut Yoyo Saehudin juga sempat menanyakan kesan mahasiswi setelah empat hari melakukan KKL. Peran Yoyo Saehudin dalam penyelenggaraan KKL di BPK sangat penting, yaitu mengurusi  aspek teknis selama program KKL berlangsung.

“Kami merasa senang sekali karena pihak BPK, khususnya Hari dan Pak Yoyo menerima kehadiran kami dengan terbuka ” ucap Ryra selalu ketua kelompok KKL.

“Meskipun baru empat hari, kami sudah akrab. Pak Hari dan Pak Yoyo, orangnya enak dan gaul”, tutur Rahayu seraya berharap ada tugas setiap hari supaya tidak ada waktu kosong.

Apa yang dirasakan Ryra dan Rahayu, juga dirasakan Riana Citra dan Fitra. Hal ini tercermin dari ekspresi wajah mereka selama acara serah terima berlangsung yang diakhiri dengan sesi foto bersama di ruang kerja Pak Hari. (BS)

Keterangan Foto

Peserta KKL berpose bersama dosen pembimbing dan pembimbing lapangan setelah acara serah terima di BPK. Dari kiri ke kanan, Rahayu Agustiana, Ryra Zahra Permata, Hari Haryanto, Bambang Suryadi, Yoyo Saehudin, Fitra Annisa Sasty, dan Riana Citra Fauziyya.