KUNCI SUKSES BERWIRAUSAHA MENURUT BAHLIL LAHADALIA: BERANI MENCOBA DAN MENDALAMI USAHA

CIPUTAT – Fakultas Psikologi UIN Jakarta melaksanakan seminar nasional dengan tema “Menumbuhkan Minat Wirausaha di Era Tehnologi 4.0.” pada hari Senin, 14 Oktober 2019 di Ruang Teater Prof. Dr. Zakiah Daradjat.  Seminar nasional ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada para mahasiswa S1 dan S2 tentang bagaimana memulai wirausaha yang sukses. Sebagai pembicara tunggal adalah Bahlil Lahadalia, Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2014-2019, mantan aktivis mahasiswa asal Fakfak Papua.

Seminar nasional yang dihadiri oleh mahasiswa S1, mahasiswa S2, dosen dan tenaga kependidikan Fakultas Psikologi UIN Jakarta. Acara ini secara resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Psikologi Zahrotun Nihayah. Dalam kata sambutannya, Dekan Fakultas Psikologi  berharap dari seminar ini para mahasiswa mendapatkan ilmu dari praktisi wirausaha sukses tentang berbagai kiat menjadi pengusaha yang sukses.

“Saya berharap acara  seminar nasional dengan tema wirasuha ini dapat memperluas wawasan pengetahuan dan melengkapi teori yang selama ini diperoleh di ruang kuliah. Teori yang dipelajari di ruang kuliah harus didukung dengan pengalaman dari lapangan, diantaranya melalui kegiatan seminar seperti ini”, ucap Zahrotun Nihayah.

Sementara itu  Gazi Ketua Program Studi Magister Psikologi juga memiliki harapan yang sama. “Diharapkan kegiatan seminar ini dapat memotivasi para mahasiswa untuk mulai berpikir menjadi entrepreneur termasuk di bidang jasa psikologi. Ke depan, tantangan terbesar alumni psikologi adalah bagaimana mengembangkan usaha jasa psikologi dengan memanfaatkan teknologi”, ucap penanggungjawab kegiatan seminar nasional ini.

Sebagai narasumber, Bahlil dalam paparannya menyebutkan bahwa kunci sukses dalam berusaha adalah berani mencoba dan mendalami usaha secara sungguh-sungguh dengan  menerapkan tiga prinsip utama yaitu kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas.

“Tiga prinsip ini mutlak dimiliki dan diterapkan oleh siapa saja yang ingin sukses dalam usaha, termasuk usaha di bidang psikologi”, pesan Ketua Umum HIPMI tersebut dengan penuh semangat.

Lebih lanjut, Bahlil menegaskan bahwa modal utama pengusaha sukses adalah kekuatan gagasan. Oleh karena itu, setiap pengusaha yang ingin sukses, termasuk mahasiswa Fakultas Psikologi,  harus kreatif, penuh inisiatif dan inovatif dalam menjalankan usaha.

Bahlil Lahadalia (keempat dari kanan), Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2014-2019, berpose bersama pimpinan, dosen, dan tamu undangan, setelah menyampaikan materi dalam seminar nasional di Fakultas Psikologi UIN Jakarta, Senin, 14 Oktober 2019.