Khintani Rahmadina Putri, Mahasiswi Psikologi UIN Jakarta Menjadi Best Exchange Participant dalam Global Volunteer Program 2020

Mengembangkan kepemimpinan dalam proyek sosial dan magang di institusi luar negeri menjadi salah satu keuntungan mahasiswa mengikuti program Global VolunteerAIESEC (Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques Commerciales). Global volunteer merupakan program pertukaran pelajar untuk melakukan proyek sosial secara sukarela di luar negeri selama 6-8 minggu. Proyek sosial yang dilaksanakan mengangkat isu sosial penting di masyarakat, seperti pendidikan, kesehatan, kebudayaan, lingkungan dan kewirausahaan.


Gambar 1. Suasana di Sekolah Fattana Chainat School, Bangkok 2020

Menyadari pentingnya kegiatan dan wawasan global tersebut, Khintani Rahmadina Putri, mahasiswi Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, mencoba mengikuti program Global Volunteer AIESEC Winter Session Januari – Maret 2020. Setelah mengikuti proses seleksi yang kompetitif, alhamdulillah, Khintani–panggilan akrab mahasiswa angkatan 2018 tersebut, dinyatakan lolos sebagai peserta Global Volunteer. Khintani mendapat kesempatan menjalankan proyek sosial di Thailand, pada tanggal 17 Januari – 29 Februari 2020. Biaya kegiatan ini sekitar Rp 15 juta, yang ditanggung sendiri oleh mahasiswa dengan bantuan sebagian dana dari Fakultas Psikologi UIN Jakarta.

Pada tahun 2020, AIESEC UIN Jakarta memberangkatkan 9 mahasiswa/I ke negara tujuan, Czech Republic, Ukraine, Malaysia, dan Thailand. Masing-masing bertanggung jawab mandiri dengan proyek sosialnya.

Di Thailand, Khinta diterima oleh tim AIESEC di Bangkok University dan menjalankan proyek sosialnya di bidang Pendidikan di Fattana Chainat School selama di Thailand.

“Selama di Thailand, sebagai global volunteer saya mengunjungi berbagai tempat yang menambah wawasan keilmuan. Diantaranya adalah Bangkok University, Fattana Chainat School, serta menemui penduduk lokal Thailand”, ucap Khintani seraya menambahkan kegiatan lainnya adalah ke sekolah setiap hari untuk memberikan kelas tambahan pada siswa di sana.


Gambar 2. Khintani berfoto dengan penduduk lokal Thailand dengan baju tradisionalnya

Selain itu, yang lebih membanggakan bagi Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Khintani berhasil menorehkan prestasinya sebagai The Best Exchange Participant pada Winter Project AIESEC 2020. Ia juga mendapatkan sertifikat dan hadiah kenang-kenangan dari AIESEC.

Nah, bagi mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti program serupa, bisa menerapkan tips yang diberikan Khintani berikut ini!

Setiap tahun, program global volunteer di luar negeri banyak ditawarkan, salah satunya oleh AIESEC. “Mahasiswa bisa memilih negara sesuai minatnya. Bisa ke Turki, Kanada, China, Maroko, dsb.” Rajinlah mencari informasi dari Instagram, akun resmi AIESEC, kementerian, atau Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI).

Persiapkan diri dengan baik, terutama Bahasa Inggris. Bahasa internasional lainnya juga menjadi bekal yang penting. Tidak kalah pentingnya adalah mempersiapkan diri dengan wawasan tentang keragaman budaya masyarakat Indonesia.

Akan lebih baik bila mahasiswa memiliki kemampuan di bidang tertentu. Sebagai contoh, kata Khintani, “Bila ia menguasai permainan tradisional Indonesia, ia bisa mengenalkan permainan tradisional Indonesia. Ajarkan di proyek sosial di luar negeri tersebut”.

Selain itu, sambung Khintani, bagi mahasiswa yang memiliki talenta berkesenian, menari, main musik, ia juga bisa tampilkan. Apapun yang menjadi bakat Anda dan sudah terasah bisa ditampilkan.

Semoga para mahasiswa dapat terpacu lebih semangat untuk menerapkan ilmunya dan berprestasi membanggakan Fakultas Psikologi dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Semangat selalu untuk semua mahasiswa/i Fakultas Psikologi!