FPsi Talk Series-2: Strategi Lulus Tepat Waktu

Bagaimana tips agar mahasiswa bisa lulus tepat waktu? Inilah topik FPsiTalkSeries2 kali ini. Lulusan Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta diharapkan bisa lagi meningkatkan dirinya, keluarganya, dan juga akreditasi institusi. Lalu bagaimana caranya? Bagaimana memulainya?

Menyadari pentingnya tips dan strategi lulus tepat waktu, Dema Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan FPsi Talk Series2 tentang Strategi Lulus Tepat Waktu, pada hari Senin, 27 April 2020 via zoom cloud meeting. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa Fakultas Psikologi dari semua angkatan, dengan peserta terbanyak dari angkatan 2018 yang saat ini berada di semester empat.

Materi diberikan oleh Fayna Faradiena, S.Psi alumni FPsi yang merupakan lulusan terbaik di angkatannya. Kak Dina, panggilan akrab nara sumber  merupakan alumni S1 Psikologi dan saat ini sedang mengikuti seleksi beasiswa fastrack MORA (Kemenag) untuk mengikuti  Program S2 lanjut S3 di luar negeri. Narasumber kedua adalah Miftahuddin, M.SI., dosen Fakultas Psikologi dan Ketua Program Studi  Psikologi periode 2014 – 2019. Acara juga dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris Program Studi  Psikologi (S1), Dr. Rena Latifa, Psi. dan Desi Yustari Muchtar, M.Psi., Psi.

Gambar 1: Materi nara sumber acara FPsi TalkSeries2 yang digelar secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom cloud meeting, Senin, 27 April 2020.

Dalam sambutannya, Yunita Faela Nisa, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama menyampaikan bahwa Fakultas Psikologi memberikan dukungan pada Program TalkSeries yang akan diadakan tiap minggu.  Untuk topik Talk Series-2 ini, Fakultas Psikologi melihat pentingnya mahasiswa memiliki strategi agar lulus tepat waktu. Mahasiswa bisa menyiapkan diri sejak di semester awal agar bisa membuat perencanaan dan merealisasikannya.

Dalam pengantarnya, Kak Dina menyampaikan, “Mana yang lebih penting: lulus tepat waktu atau lulus di waktu yang tepat?” “Sebagai mahasiswa, semua punya kesibukan masing-masing. Menyelesaikan kuliah tepat waktu adalah perkara tanggung jawab, daya juang serta seberapa kuat kita bisa merayu Tuhan dengan doa kita”

Selanjutnya ada tujuh tips agar mahasiswa bisa lulus tepat waktu. Pertama, jawablah tiga pertanyaan dasar ini (Mengapa saya harus kuliah? Apa yang ingin saya capai selama kuliah? Bagaimana saya menyelesaikannya?). Kedua, lakukan afirmasi. Datang di momen wisuda kakak kelas misalnya. Bayangkan Anda yang diwisuda di situ. Ketiga, manajemen waktu. Buat rencana dengan hitung mundur: Kapan akan wisuda? Kapan menyelesaikan bab per bab saat skripsi? Keempat, komunikasi yang baik. Kelima, tidak menyalahkan faktor eksternal. Keenam, terbiasa untuk mandiri, dan ketujuh, pelajari jauh hari persyaratan administrasi yang harus dilengkapi.

Dalam paparannya, Pak Miftah, sapaan akrab narsum kedua menyampaikan pengalamannya saat jadi Ketua Program Studi. Mahasiswa saat bimbingan skripsi seringkali menghilang. Jangan enggan bertanya ke dosen, karena dosen pasti senang kalau mahasiswa bertanya dan diskusi tentang skripsinya. Sementara Dr. Rena Latifa, Psi. dan Desi Yustari Muhtar, M.Psi., Psi. menyampaikan layanan prodi untuk membantu mahasiswa lulus tepat waktu.

Sampai berjumpa di FPsi TalkSeries selanjutnya. Semoga bermanfaat.