FPsi Talk Series-1: Mau Jadi Lulusan Psikologi yang Bekerja di Lembaga Internasional?

Bagaimana tips agar lulusan psikologi bisa berkarir di Lembaga internasional? Inilah topik FPsiTalkSeries1 kali ini. Sebaik baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya, khairunnas anfauhum linnas”. Lulusan Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta diharapkan bisa mengembangkan kepak sayap kebermanfaatannya pada lingkungan yang lebih luas. Tidak hanya di level nasional, namun juga bisa di level internasional. Lalu bagaimana caranya? Bagaimana memulainya?

Menyadari pentingnya wawasan mahasiswa tentang peran lulusan psikologi di Lembaga internasional, Dema Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan FPsi TakSeries1 tentang Mau Jadi Lulusan Psikologi yang Berkarir di Lembaga Internasional?, pada hari Rabu, 22 April 2020 via zoom cloud meeting.

 

Gambar 1: Peserta FPsi TalkSeries1terekam kamera bersama nara sumber Patria Priharmoko (baris pertama ketiga dari kiri) dan Nia Tresniasari, M.Si yang memandu acara ini (pertama dari atas). Acara bincang-bincang dengan narsum ini digelar secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom cloud meeting, Rabu, 22 April 2020.

Materi diberikan oleh praktisi yang sudah berpengalaman lebih dari 18 tahun sebagai praktisi bidang psikologi di Lembaga internasional,  Patria Priharmoko. Acara dipandu oleh Nia Tresniasari, M.Si., dosen Psikologi UIN Jakarta yang juga aktif di Pusat Layanan Psikologi UIN Jakarta.

 

Mas Koko, panggilan akrab narsum merupakan alumni S1 Psikologi dan S2 Ilmu Komunikasi UI Saat ini, mas Koko bekerja sebagai konselor di United Nations Assistance Mission in Somalia/United Nations Support Office for Somalia (UNSOM/UNSOS). Sejak 2005, ia sudah berkarir di Lembaga-lembaga di bawah UN, UNFPA (UN Population Fund), UNDSS (UN Department of Safety and Security), dan UNAMID (UN Hybrid Opeartion in Darfur). Dari CVnya, tampak bahwa sejak mahasiswa, mas Koko memang sudah aktif di kegiatan-kegiatan kemanusiaan.

Dalam sambutannya, Yunita Faela Nisa, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama menyampaikan bahwa FPsi. memberikan dukungan pada Program TalkSeries 1 sampai 7 yang akan diadakan tiap minggu.  Untuk topik TalkSeries1 ini, FPsi. melihat pentingnya wawasan mahasiswa tentang peran lulusan psikologi di lembaga internasional. Mahasiswa bisa menyiapkan diri sejak menjadi mahasiswa agar bisa melihat peluang dan menangkapnya untuk tujuan kebermanfaatan diri yang lebih luas.

“Sebagai mahasiswa, kalian perlu banyak search peluang-peluang di Lembaga internasional”, ujar Mas Koko. Selanjutnya ia tambahkan, “Sebagai mahasiswa, kalian bisa ikut program magang di UN dan YPP (Young Professional Programme). Kenali kebutuhan mereka dan penuhi dengan softskill atau kelebihan yang Anda punya”. Terkait apa yang perlu disiapkan, “Bahasa Inggris wajib bisa” Koko juga menambahkan “perlu juga belajar tentang budaya yang berbeda. Contohnya tentang body language, orang Indonesia kalau menggelengkan kepala artinya Iya, namun orang India kalau menggelengkan kepala itu artinya tidak”. Ini kalau kita tidak “cerdas budaya” bisa jadi kendala komunikasi.

Ada enam tips untuk bisa join ke Lembaga internasional. Pertama, belajar yang benar selama di Fakultas psikologi. Kuasai tentang ilmu Psikologi. Tips kedua, ambillah kesempatan-kesempatan menjadi volunteer, kalua FPsi buka kegiatan volunteer, ambil, Himpsi buka, ambil, ini akan mengasah kalian. Tips ketiga, look local, mulai dari yang terdekat darimu, di RT, masjid dekat rumah, atau dimanapun yang kamu bisa berkontribusi, lakukanlah. Keempat, bring a skill, ketahui kelebihan kamu. Kamu terampil apa? Kalau kamu terampil sebagai negosiator, ketrampilan itulah yang kamu bawa saat akan berkontribusi di Lembaga internasional. Tips kelima, buat rencana dari sekarang, 3 tahun lagi ngapain, sepuluh tahun lagi akan menjadi apa. Lakukan Langkah konkrit untuk merealisasikan rencanamu. Terakhir, perlunya kita memahami organisasi yang mau kita masuki, termasuk juga posisi pekerjaan yang akan kita lamar. Info harus kita cari dan pahami. Ini semua akan memuluskan jalan anda untuk berkiprah di organisasi internasional.

Sampai berjumpa di FPsi TalkSeries selanjutnya. Semoga bermanfaat.