FPsi Talk Serie 3: Lulus Seleksi dan Cemerlang di Dunia Kerja

Faktor apa yang membuat seseorang lolos melewati seleksi kerja dan apa hal yang dapat menjadi penyebab karir seseorang dalam dunia kerja menjadi cemerlang? Inilah topik FPsiTalk Series3 kali ini. Lulusan Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta diharapkan mampu untuk bersaing di dunia kerja nantinya. Lalu bagaimana caranya? Apa yang mesti dipersiapkan?

Menyadari pentingnya karir dalam suatu pekerjaan, Dema Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan FPsi Tak Series3 tentang Lulus Seleksi dan Cemerlang di Dunia Kerja. Acara ini dilaksanakan pada hari Jumat, 1 Mei 2020 dan dihadiri oleh mahasiswa Fakultas Psikologi dari semua angkatan serta beberapa dari fakultas lain di UIN Jakarta. Peserta terbanyak dari angkatan 2017 yang saat ini berada di semester enam.

Materi yang pertama diberikan oleh salah satu dosen Fakultas Psikologi yaitu Dr (c) Neneng Tati Sumiati, M. Si, Psikolog. Beliau adalah dosen yang aktif dalam bidang literasi baik jurnal, artikel ataupun buku di bidang psikologi. Narasumber kedua adalah Evi Silvia Salsabila, S. Psi, seorang sarjana psikologi yang telah berkarir lama dalam dunia kerja tepatnya di PT. Elnusa Petrofin yaitu perusahaan penyedia layanan minyak & gas terkemuka di Indonesia. Beliau banyak meraih penghargaan seperti menjadi sepuluh trainer teratas dalam Nielsen award 2008, menjadi pelatih profesional yang tersertifikasi (LOOP Indonesia) tahun 2018 dan sebagai master trainer yang tersertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Indonesia tahun 2019.

Gambar 1: Materi nara sumber acara FPsi Talk Series3 yang digelar secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom cloud meeting, Jumat, 1 Mei 2020

Dalam pengantarnya, Ibu Neneng menyampaikan bahwa “ Pada saat ini bukan hanya pekerja yang sulit mencari pekerjaan. Namun, perusahaan pun mengalami kesulitan dalam mencari pekerja yang sesuai dengan kriteria yang ada”.

Selanjutnya ada beberapa tips agar kita mudah dalam mengahadapi seleksi kerja. Terutama ketika kita melakukan wawancara kerja. Pertama, lakukan survey, pelajari organisasi yang dilamar. Kedua, datang lebih awal dan berpakaian layaknya profesional. Ketiga, memperkenalkan diri secukupnya, dan komunikatif. Keempat, menjaga kontak mata dan sampaikan kelebihan anda. Kelima ketika diberi kesempatan bertanya, bertanyalah dengan antusias. Terakhir bersikaplah tenang dan percaya diri.

Dalam paparannya, Ibu Evi, sapaan akrab nara sumber kedua menyampaikan tentang pentingnya menyiapkan diri agar cemerlang di dunia kerja. Ia membandingkan ”Kalau di kampus, 90% mahasiswa yang belajar keras, semuanya bisa dapat nilai A karena ujiannya sukses. Tapi. Beda dengan di dunia kerja. Di dunia kerja, karena karir di sana berupa piramida yang ujungnya lancip, hanya orang tertentu yang akan bisa naik ke karir yang tinggi.Tidak mungkin semua naik ke karir tertinggi.  Untuk itulah, kita harus menyiapkan diri agar cemerlang di dunia kerja, noticeable, lebih dari standar performa, dan kualitas-kualitas yang baik”

Lebih lanjut, mbak Evi menyampaikan tentang kompetensi yang harus dimiliki agar mempunyai karir cemerlang di dunia kerja. Pertama adalah perlu memiliki mental agility yaitu kemampuan untuk menemukan solusi dari suatu permasalahan. Kedua, people agility yaitu kemampuan untuk dapat responsif dengan lingkungan sekitar dan memiliki komunikasi yang baik. Ketiga, change agility, yaitu kemampuan untuk selalu meng-upgrade dirinya untuk terus menjadi lebih baik. Keempat adalah result agility, yaitu kemampuan untuk mampu membangun performa yang baik dalam suatu tim.

Sampai berjumpa di FPsi Talk Series selanjutnya. Semoga bermanfaat.