FAKULTAS PSIKOLOGI SUKSES MENGGELAR PELEPASAN 16 ORANG WISUDAWAN SECARA DARING

Adanya wabah pandemi COVID-19 dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tidak menjadi kendala bagi Fakutas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah untuk menyelenggarakan tasyakuran dan pelepasan wisudawan. Buktinya, hari ini, Sabtu, 27 Juni 2020, sebanyak 16 orang wisudawan beserta para sivitas akademika, karyawan fakultas, dan orang tua atau wali wisudawan, telah sukses mengikuti acara tasyakuran dan pelepasan wisuda ke-116 secara daring.

Para wisudawan terdiri dari 13 orang lulusan Program Studi Sarjana (S1) dan 3 orang lulusan Program Studi Magister (S2). Predikat mahasiswa terbaik untuk Prorgram S1 adalah Illya Adista Pratiwi Kesdu dengan IPK 3.73 (Cumlaude). Sedangkan predikat mahasiswa terbaik dari Program S2 adalah Rini Apriantini dengan IPK 3.68 (Cumlaude).

Sebanyak 16 wisudawan dari program studi S1 dan S2 Fakultas Psikologi mengikuti acara tasyakuran dan pelepasan pada hari Sabtu, 27 Juni 2020. Acara digelar secara daring, mulai pukul 13.00-15.00 WIB.

Zahrotun Nihayah Dekan Fakultas Psikologi mengatakan proses wisuda ke-116 ini berbeda dengan proses sebelumnya. Karena ada wabah pandemi COVID-19, proses wisuda dan pelepasan alumni dilakukan secara daring. Dari segi jumlah wisudawan, juga lebih sedikit dibanding pada wisuda ke-115. Kali ini hanya ada 16 orang, sementara pada wisuda ke-115, sebanya 32 orang.

“Kondisi saat ini sangat berbeda dengan sebelumnya. Selama 3.5 bulan kita bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Termasuk pelepasan wisudawan pun kita lakukan secara daring. Namun, kita ambil hikmah dari kondisi ini. Mereka yang diwisuda hari ini adalah mahasiswa yang tangguh, penuh perjuangan walaupun dalam kondisi pandemi covid, semu abisa dilewati’, ucap Nihayah seraya menambahkan bisa jadi acara pelepasan wisudawan secara daring ini merupakan yang pertama dan terakhir kali.

Pada kesempatan tersebut Dekan Fakultas Psikologi juga berpesan kepada para wisudawan untuk menjaga nama baik almamater.

“Alumni Fakultas Psikologi UIN Jakarta memiliki karakeristik tersendiri. Berbeda dengan alumni dari perguruan tinggi lain. Sesuai dengan namanya, Anda merupakan alumni dari Universias Islam. Oleh karena itu, para alumni harus menjaga nama baik almamater dimanapun berada. Selain itu, para alumni juga harus tetap membina silaturahim dengan fakultas”, pesan Dekan Fakultas Psikologi.

Mengingat tantangan yang dihadapi alumni pada masa depan sangat kompleks dan berat, Dekan Fakultas Psikologi mengingatkan para alumni untuk tetap mengasah dan meningkatkan kompetensi mereka. Dengan demikian mereka mampu bersaing baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.

Pesan serupa juga disampaikan oleh Soni Sanjaya perwakilan dari orang tua wisudawan. “Jangan cepat puas dan bangga dengan prestasi yang sudah diraih. Sebab gelar sarjana bukan akhir dari sebuah usaha. Tetapi awal dari perjalanan dalam menempuh kehidupan nyata di masyarakat. Oleh karena itu, para sarjana alumni Fakultas Psikologi harus bisa menjadi agen perubahan di masa depan”, ucap wali dari Cindy Clarissa Arief.

Persembahan Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Fakultas Psikologi dalam acara pelepasan wisuda secara daring, Sabtu, 27 Juni 2020.
Acara yang dipandu oleh Raudah Sabila ini juga dimeriahkan dengan penampilan Paduan Suara Mahsiswa Fakultas Psikologi. Meskipun ditayangkan secara daring, penampilan mereka sangat luar biasa dan memukau seluruh partisipan. Bahkan menjadi obat lelah bagi para wisudawan yang telah mengikuti proses wisuda di pagi hari.

Selain itu, pada kesempatan ini juga ada sharing session dari Risa Dwi Ratnasari yang sedang menempuh studi S2 di Graduate Institute of Mind Brain and Consciousness (GIMBC), Taipe Medical University (TMU) Taiwan. Gadis kelahiran Bandung 6 Februari 1994 itu berbagi tentang kiat sukses mendapatkan beasiswa di luar negeri. Sementara itu, sambutan dari Ikatan Alumni Fakultas Psikologi disampaikan oleh Muharini Aulia.

Selamat kepada para wisudawan. Para pejuang yang tangguh. Semoga sukses dalam meniti karir kehidupan di masa depan. (BS)

Kisah, kesan dan pesan para wisudawan bisa dilihat di link berikut: https://youtu.be/-tUcmbQcu_Y