Dialog Rencana Kerjasama Akademik Antara Fakultas Psikologi UIN Jakarta dan GIMBC Taiwan

Gambar 1 : Dialog antara Pimpinan F.Psi UIN Jakarta dan GIMB Taiwan

Fakultas Psikologi UIN Jakarta merencanakan kerjasama dengan GIMBC TMU Taiwan dalam berbagai bidang akademik seperti kuliah dengan dosen tamu, kolaborasi riset, pertukaran mahasiswa dan pelaksanaan seminar internasional. Pembicaraan tentang hal ini telah dilakukan melalui platform zoom pada Selasa, 2 Februari 2021 sekitar pukul 15.00 WIB.

Dari pihak Fakultas Psikologi UIN Jakarta hadir formasi lengkap tim dekanat, yaitu Dekan, Wadek 1, wadek 2 dan wadek 3, sedangkan dari TMU Taiwan hadir 2 orang pimpinan, yaitu Prof. Philip Tseng dan Assoc. Prof. vTzu Yus Hsu. Pembicaraan kerjasama ini diharapkan bisa membawa Fakultas Psikologi UIN Jakarta ke pergaulan internasional di bidang akademik dan sekaligus mengenalkan kampus UIN Jakarta terutama Fakultas Psikologi UIN Jakarta sebagai kampus yang mengintegrasikan antara psikologi dan Islam.

Gambar 2 : Presentasi Profile Fakultas dan Rencana Kerjasama

Sebagai kampus yang mengusung tagline “Psychology for better life” diyakini bahwa kecanggihan psikologi sebagai ilmu empirik akan semakin kuat memberikan kontribusi kepada kehidupan yang lebih baik terutama bagi mahasiswa, dosen, alumni dan masyarakat sekitar jika diintegrasikan dengan nilai-nilai agama Islam. Kerjasama dengan institusi pendidikan tinggi di luar negeri terutama di Taiwan diharapkan akan mempermudah realisasi dari mimpi-mimpi itu.

Dalam dialog melalui zoom yang berlangsung hampir satu jam dari pukul 15.00 sd pukul 16.00 WIB, disepakati bahwa kerjasama akan dilaksanakan dalam 4 bidang, yaitu seminar internasional, pengadaan dosen tamu, pertukaran mahasiswa dan riset kolaboratif. Tema seminar internasional akan ditentukan kemudian sesuai dengan perkembangan situasi dan kesepakatan kedua belah pihak dan untuk dosen tamu, pihak Fakultas Psikologi UIN Jakarta akan menghadirkan para dosen bidang psikometri yaitu Pak Bahrul Hayat, PhD dan Pak Jahja Umar, Phd. Sedangkan untuk riset kobaloratif, pihak Fakultas Psikologi UIN Jakarta merencanakan tema terkait neurosains dan perilaku keagamaan.

Gambar 3 : Dialog serius tapi santai antara dua tim akademisi dari dua negara Asia yang berbeda

Semoga, dialog kerjasama akademik antara dua institusi pendidikan dari dua negara yang berbeda ini bisa menjadi langkah awal yang baik menuju Fakultas riset yang go-internasional. Amiin..