Booth Camp 101 : Sebuah Seminar Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Kepemimpinan dan Kesekretariatan

DEMA Fakultas Psikologi UIN Jakarta kembali menggelar sebuah acara yang bertajuk Booth Camp 101. Acara ini merupakan sebuah bentuk edukasi dari badan pengurus harian (BPH) DEMA Fakultas Psikologi UIN Jakarta untuk ketua departemen dan sekretaris departemen mengenai materi tentang kepemimpinan dan kesekretariatan. Acara Booth Camp 101 ini diselenggarakan selama dua hari yaitu pada tanggal 18 dan 25 Februari 2021. Tema acara Booth Camp 101 ini adalah “Mempertajam Jiwa Kepemimpinan Pengurus DEMA Fakultas Psikologi untuk Meningkatkan Profesionalitas dalam Berorganisasi”.

Pemaparan Materi Kepemimpinan.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Booth Camp 101 menyajikan dua materi, yaitu materi tentang kepemimpinan yang dibawakan oleh Bapak Mukhtar, S.Psi selaku alumni dari Fakultas Psikologi UIN Jakarta, sedangkan materi tentang Kesekretariatan disampaikan oleh Ibu Uus Kudsiah, S. Ag. MM selaku Kasubag di Fakultas Psikologi UIN Jakarta. Tidak seperti acara DEMA pada umumnya, acara Booth Camp 101 ini hanya di khususkan bagi Ketua Departemen dan Sekretaris Departemen saja.

Acara Booth Camp 101 ini bukan semata-mata hanya acara seminar biasa, dalam rangkaian acara Booth Camp 101 ini, peserta juga diberikan arahan untuk melakukan FDG atau Focus Group Discussion. Focus Group Discussion (FDG) adalah sebuah metode yang dilakukan oleh panitia acara untuk lebih menarik keaktifan peserta seminar Booth Camp 101 untuk bisa menyampaikan pendapatnya. Dalam FDG ini ke sepuluh departemen yang ada di kepengurusan DEMA Fakultas Psikologi UIN Jakarta periode 2021, dibagi kedalam 3 grup yang mana masing-masing grup memiliki tema atau kasus yang berbeda dan harus diselesaikan oleh grup tersebut. Di akhir sesi peserta diwajibkan untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok mereka mengenai kasus yang mereka hadapi.

Presentasi Hasil FDG Kelompok 2

Sebagai penutup acara, seperti biasa, Ketua DEMA Fakultas Psikologi UIN Jakarta Haris Munandar, memberikan closing statementnya dan mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya untuk pemateri, panitia, dan peserta yang  hadir dalam acara Booth Camp 101 tersebut. Ketua DEMA Fpsi juga menyampaikan harapannya kepada peserta acara tersebut agar bisa menginternalisasi dan mengimplementasikan apa yang sudah pemateri paparkan dalam acara tersebut demi terwujudnya DEMA Fakultas Psikologi UIN Jakarta yang lebih baik.

Foto Bersama Peserta Booth Camp 101