Bekerja dengan Integritas, Sepenuh Hati dan Kolaboratif untuk Kemajuan F.Psi. UIN Jakarta

Dalam meningkatkan kualitas layanan baik pada mahasiswa maupun dosen, persoalan manusia menjadi penting. Bagaimana kita bisa memberikan layanan prima yang membahagiakan bila kita sendiri belum bahagia? Lalu bagaimana agar kita bisa bekerja dengan baik di tengah tantangan dalam organisasi yang kompleks?

Menyadari pentingnya peningkatan kinerja agar dapat melayani mahasiswa dan dosen lebih optimal,  Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan workshop peningkatan kinerja pegawai dan. dosen. Topik yang diangkat dalam Workshop Peningkatan Kinerja Pegawai dan Dosen: Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Kegiatan ini dihelat via daring oleh Fakultas Psikologi UIN Jakarta  pada 21 Juli 2020. Acara ini dihadiri oleh seluruh tenaga kependidikan, dosen, mahasiswa, dan alumni Fakultas Psikologi UIN Jakarta.

Materi berjudul Membentuk Calon Pemimpin, Membangun SDM Unggul, untuk Indonesia Maju. diberikan oleh professional yang berpengalaman di bidang pelayanan publik, Dr. Agung Wicaksono, M.Sc., M.B.A. Beliau pernah membidani operasional MRT Jakarta serta sebagai Dirut Transjakarta menjadikan moda transportasi terintegrasi di Jakarta

Gambar 1: Workshop Peningkatan Kompetensi Pegawai dan Dosen dengan narasumber Dr. Agung Wicaksono, M.Sc., MBA.,  yang digelar secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom cloud meeting, Selasa 21 Juli 2020

Dalam pengantarnya, Dr. Zahrotun Nihayah, M.Si., menyampaikan bahwa “Kita perlu bekerja dengan lebih baik lagi agar bisa memberikan layanan terbaik pada mahasiswa dan dosen. Harapannya adalah Fakultas Psikologi UIN Jakarta akan semakin maju dan bermanfaat dalam menciptakan mahasiswa yang berkualitas.”

Selanjutnya ada beberapa hal yang dapat  kita jadikan pelajaran dari paparan yang  disampaikan  Pak Agung. “Tujuan organisasi bisa dicapai bila ada strategic leader, yang tidak hanya strategic thinking, strategic acting, namun juga perlu strategic influencing.” Lebih lanjut, Pak Agung menjelaskan bahwa “Tujuan yang akan dituju seringkali bisa dicapai ketika kita memiliki upaya-upaya strategis dalam mempengaruhi pengambil kebijakan, stakeholder serta tim kita. “

Keberhasilannya dalam membidani lahirnya MRT Jakarta menginspirasi kita tentang pentingnya memaknai pengalaman kita.  “Dalam setiap kesempatan, misalnya saat kita travelling, janganlah hanya jalan-jalan dan foto-foto, namun lakukan explorasi, pelajari apa yang ada sehingga akan bisa menginspirasi kita dengan konteks tantangan dan problem yang kita hadapi”, pesan dosen Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB tersebut.

Tahun 1999 merupakan perjalanan pertama Pak Agung menggunakan MRT di Singapura. Hal ini salah satu yang  menjadikan tekadnya untuk memberikan pelayanan transportasi public yang nyaman di Indonesia.  Ia membutktikan pada 20 tahun berikutnya dengan beroperasinya MRT Jakarta pada Maret 2019.

Ada tiga pesan penting  yang diberikan untuk  kita dalam melayani mahasiswa dan dosen.Pertama, menjaga integritas kita.  Kedua, bekerjalah dengan hati, serta ketiga, lakukan kolaborasi. Ketiga hal inilah yang perlu kita lakukan dan kita jaga bersama-sama untuk kemajuan Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Khoirunnaas Anfauhum Linnaas. Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain. Semoga bermanfaat.

Sampai berjumpa di workshop FPsi selanjutnya.