Ainul Huda, Marcellina Nur Fadilah dan Dandy Aulya, Mahasiswa Psikologi UIN Jakarta Menjadi Juara I dalam perlombaan Karya Inovatif dalam Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) VIII Tahun 2021

Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) VIII Tahun 2021 merupakan wadah silaturahmi sekaligus ajang kompetisi dan aktualisasi potensi mahasiswa PTKIN di bidang ilmiah, olahraga, dan seni. IPPBM VIII Tahun 2021 kali ini dilaksanakan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan dirumuskan dengan memadukan sistem daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan). Ada 30 cabang lomba dengan 53 kategori yang akan dikompetisikan pada IPPBMM VIII ini.

Ainul Huda, Marcellina dan Dandy Aulya mengikuti cabang lomba Karya Inovatif dimana perlombaan ini mengharuskan peserta untuk mengirimkan karya berupa Research maupun non reaserch Pembahasannya berisi tentang uraian, interpretasi data dan analisis berkaitan dengan produk yang dihasilkan dari observasi atau penelitian atau eksperimen yang dilakukan. Termasuk juga manfaat, kelebihan dan dampak produk yang dihasilkan.

Kegiatan lomba tersebut berlangsung dengan sukses. Dan dewan juri pun mengumumkan para pemenang pada malam penutupan dan penganugerahan pemenang pada Rabu, 23 Juni 2021 melalui zoom meeting.

Gambar 1. Presentasi Karya Inovatif

Ainul Huda, Marcellina dan Dandy Aulya menggagaskan sebuah karya inovatif yang bernama Prominence Trash Burner. Alat ini dirancang untuk membakar sampah sambil meminimalisir dampak buruk yang dihasilkan oleh pembakaran. KOPER Prominance Trash Burner / PTB dengan konsep inovasi Teknologi tepat guna berbasis ramah lingkungan. Memiliki 3 komponen utama yakni alat pembakar sampah, alat filtrasi asap, dan kotak pengubah CO2 menjadi O2.

Gambar 2. Foto Prominence Trash Burner

Dari desain alat ini, telah nampak bahwa pembuatan koper PTB sangatlah mudah dimana  corong pada alat pembakar sampah di hubungkan ke alat filtrasi asap  menggunakan pipa lalu dari filtrasi asap di hubungkan lagi ke kotak pengubah CO2 menjadi O2 melalui selang bekas. Untuk cara pembakaran sampah juga sederhana. Masukkan sampah, bakar sampah, tutup alat pembakar, dan sambung pipa agar asap menuju alat proses filtrasi. Dapat di lihat pada hasil penelitian pada menit ke 3 hingga menit ke 5 asap sudah mulai tak terlihat sehingga kami menyimpulkan  Koper PTB (Prominence Trash Burner) terbukti efektif untuk dijadikan sebagai sarana sanitasi, aman dan ramah lingkungan. masyarakat juga dapat menggunakan koper PTB di mana saja karena alat pembakaran ini di desain secara portable dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengolah limbah sekaligus dapat digunakan di berbagai tempat kegiatan apapun yang berkaitan dengan kepedulian terhadap lingkungan.

Ainul Huda memaparkan bahwa penelitian dalam merancang Prominence Trash Burner dilakukan selama satu bulan. Dengan usaha, kerja keras serta disiplin yang tinggi mereka mampu melahirkan gagasan yang menjadi solusi untuk permasalahan sampah dan emisi gas dari proses pembakaran yang diketahui berkontribusi besar dalam pencemaran udara. Dengan gagasan ini pula mereka meraih Juara I pada perlombaan Karya Inovatif dalam Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) VIII Tahun 2021

Semoga para mahasiswa dapat terpacu lebih semangat untuk menerapkan ilmunya dan berprestasi membanggakan Fakultas Psikologi dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Semangat selalu untuk semua mahasiswa/i Fakultas Psikologi!