Sejarah Singkat

DALAM UPAYA MENCIPTAKAN sumber daya manusia yang mampu bersaing di era globalisasi dengan tetap mempunyai komitmen yang tinggi terhadap nilai-nilai agama, maka program pendidikan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tidak hanya membina ilmu-ilmu keagamaan murni, tetapi juga berbagai disiplin keilmuan yang bertujuan mengintegrasikan “ilmu umum dan ilmu agama”. Institusi ini secara substantif mencanangkan sistem keilmuan yang komprehensif dan integratif. Hal tersebut dalam upaya memenuhi kebutuhan dunia akan ilmu dan teknologi yang moralistik, serta kebutuhan pragmatis akan sumber daya manusia dalam pembangunan.

Program Studi Psikologi dibuka di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun akademik 1995-1996 berdasarkan keputusan Rapat Senat Institut pada tanggal 26 April 1995. Jurusan Psikologi ditempatkan di Fakultas Tarbiyah, dan mulai menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 1995/1996 dengan Surat Keputusan Rektor Nomor 0211/XII/1995.

Pada tahun 1997, Ketua Jurusan Psikologi Prof. Dr.  Zakiah Daradjat yang memasuki usia pensiun diganti oleh Dra. Netty Hartati, M.Si. Selama lebih kurang tiga tahun persiapan, akhirnya Jurusan Psikologi mendapat legalitas dari Binbaga Islam dengan Surat Keputusan Dirjen Binbaga Islam Depag. RI. Nomor E/333/1998 tanggal 15 Oktober 1998. Melalui perjuangan yang tak kenal lelah Jurusan Psikologi Fakultas Tarbiyah ini mendapat akreditasi Baik (nilai B) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas.

Selanjutnya sesuai dengan tuntutan pengembangan kelembagaan serta untuk mendukung program peralihan IAIN menjadi UIN, Jurusan Psikologi ditingkatkan statusnya menjadi Fakultas Psikologi dengan Surat Keputusan Rektor IAIN Jakarta Nomor 004 Tahun 2001 tanggal 15 Januari 2001 berdasarkan Rapat Senat Institut tanggal 4 Desember 2000 dan menetapkan Dra. Netty Hartati, M. Si. sebagai Pjs Dekan.

Pada tahun 2002, IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengalami perubahan status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta melalui keputusan Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 2002. Keputusan Presiden RI itu kemudian diikuti dengan Keputusan Dirjen Kelembagaan Agama Islam Nomor D.J.II/155/2002 tentang Penyelenggaraan Strata Satu (S1) Program Studi Psikologi pada Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Peningkatan status ini dimaksudkan untuk merespon kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan psikologi dengan pendekatan spiritual.

Pada tahun 2009, dengan pengangkatan Jahja Umar, Ph. D sebagai Dekan, Fakultas Psikologi berkonsentrasi kepada mutu lulusan. Karena pendidikan tinggi yang tidak menghasilkan lulusan yang bermutu pada dasarnya bukanlah investasi SDM melainkan pemborosan dari segi waktu, tenaga, dan biaya. Upaya peningkatan mutu lulusan Fakultas Psikologi tersebut didukung oleh fasilitas gedung empat lantai dengan luas 7.120 m2, dengan suasana kehidupan islami, di samping kultur akademik dan ilmiah yang kondusif.

Pada tahun 2014, Fakultas Psikologi dipimpin oleh Prof. Dr. Abdul Mujib, M.Ag., M.Si. Periode ini merupakan periode yang ditujukan untuk memperkuat keunggulan sumber daya dan meningkatkan kualitas lulusan menuju pengakuan global. Tema ini diambil sebagai upaya kelanjutan periode sebelumnya yang telah berhasil membawa Fakultas Psikologi pada ranah pengakuan nasional.

Pengembangan dan peningkatan mutu SDM (dosen) ditempuh melalui pelatihan intensif dalam bidang penelitian, pengukuran, dan statistik, serta studi lanjut bagi para dosen. Terkait dengan kebijakan akademik, sesuai dengan amanat review kurikulum 2010 beban SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa sebagai syarat untuk menjadi sarjana psikologi adalah 154 SKS sampai 158 SKS. Kebijakan ini dibuat melalui workshop kurikulum dan ditetapkan dalam rapat Senat Fakultas Psikologi, yang pada tahun 2014 direview kembali dan disepakati untuk fokus pada misi integrasi dengan memantapkan visi, misi, dan tujuan. Akhirnya beban SKS menjadi 144 dengan masa studi 8 – 10 semester Dalam penyelenggaraan Kuliah Kerja Lapangan (KKL), Fakultas Psikologi bermitra dengan industri dan perusahaan, rumah sakit,  sekolah, dan  LSM.  Sampai dengan bulan  Mei 2016, Fakultas Psikologi telah meluluskan sebanyak 1516 Sarjana Psikologi (S.Psi).