Pegawai Kompeten Pelayanan Optimal

29 Juli 2017, di tengah masa libur semester mahasiswa, Fakultas Psikologi bekerjasama dengan beberapa pihak yang berkenaan dengan kompetensi kerja pegawai melakukan pelatihan kompetensi untuk para pegawai di lingkungan Fakultas Psikologi. Beberapa hal yang menjadi poin pelatihan diantaranya adalah pelatihan mengenai pengelolaan keuangan, pelatihan pengelolaan aset Barang Milik Negara (BMN) dan pelatihan mengenai pendidikan dan pengajaran. Tiga poin materi pelatihan itu berkaitan dengan tugas dan fungsi pelayanan Pegawai, yang terdiri dari Administrasi Umum, Akademik dan Keuangan.
Hadir sebagai pembicara Drs. Amnu Fuady, MA (Kasubdit Standar Biaya DJA Kemenkeu RI), Dra. Agustina, S.Kom, M.Si (Widyaiswara Bidang Aplikasi BMN Pusdiklat Kemenag RI), Ikin M. Lukman Sadikin, MM (Auditor Irjen Kemenag RI). Dalam pelatihan tersebut, para narasumber menekankan pada bagaimana pegawai mempengaruhi kinerja Institusi dan pelayanan bagi stakeholder. Pengelolaan Keuangan misalnya akan berefek kepada pembiayaan yang maksimal dan kinerja yang tinggi karena biaya yang dikeluarkan berbanding lurus dengan kompetensi yang dihasilkan pegawai. Di dalam pengelolaan BMN misalnya disebutkan bagaimana pengetahuan mengenai data dan kondisi BMN akan menghasilkan sarana prasarana yang nyaman untuk digunakan. Adapun dalam pelayanan akademik akan menghasilkan mutu dan kualitas yang berimbang dengan pendidikan dan pengajaran.
Harapannya, setelah diberikan pelatihan ini, semua pegawai siap melayani stakeholder di masa-masa perkuliahan nanti, sehingga Fakultas Psikologi bisa menjadi Fakultas dengan pelayanan optimal. (FI)