Seri Buku Ajar Dosen Fakultas Psikologi

featureimage3

Dosen Fakultas Psikologi telah mengeluarkan buku bahan ajar Fakultas Psikologi. Di bawah ini akan direview 2 buah buku yaitu :

  • Psikologi Faal; Pendekatan Neurosains, Agama dan Aplikasi Klinis
  • Psikodiagnostik: Sebuah Pengantar

Berikut review kedua buku yang diberikan oleh Mahasiswa Fakultas Psikologi.

Judul                 : Psikologi Faal; Pendekatan Neurosains, Agama dan Aplikasi Klinis

Penulis             : Dr. Isa Multazaam Noor MSc SpKJ (K)

                              Dr. Ratna Mardiati, SpKJ (K)

                              Dra. Luh Putu Suta Haryanthi, M.Psi

Penerbit          : UIN Jakarta Press

Tahun Terbit : cet. 1, Desember2015

Halaman         : X+405 Halaman

Dalam mengkaji pemahaman konsep manusia sebagai makhluk yang sempurna diperlukan berbebagai disiplin ilmu sebagai aspek multi dimensi yang mendukung pemahaman itu. Salah satu keilmuan yang membahas tentang manusia beserta fungsi-fungsinya secara biologis adalah Psikologi Faal. Dalam Kajian psikologi faal melibatkan interaksi jiwa, tubuh, dan lingkungan. Proses pengolahan informasi dalam tubuh khususnya otak dan sistem saraf menjadi kekhasan kajian psikologi faal.

Banyak hal yang dapat dijelaskan oleh psikologi faal dalam memahami perilaku manusia, misalnya kesadaran manusia dan dasar biologi perilaku. Kesadaran merupakan fungsi fisiologis sehingga manusia dapat memberitahukan mengenai pikiran, persepsi, ingatan, dan perasaanya dalam proses kesadaran dan biologi perilaku seseorang digambarkan sebagai suatu proses menerima dan berkirim pesan yang terjadi di dalam otak melalui perantara sel saraf (neuron) yang saling berkomunikasi dan tersambung di dalam sistem saraf.

Pembahasan psikologi faal dipelajari secara formal oleh ilmuan psikologi karena dapat menjadi sumber untuk memahami perilaku manusia. Kebutuhan mempelajari psikologi faal khususnya di indonesia nampaknya tidak disertai sumber referensi yang memadai, hal itu diketahui karena masih banyaknya ilmuan psikologi yang mengeluhkan kesulitan dalam mencari sumber yang mengkaji lebih dalam mengenai psikologi faal.

Maka atas dasar fenomena tersebut hadirlah  buku Psikologi Faal: pendekatan neurosains, Agama dan Aplikasi Klinis  yang prakarsai oleh Dr. Isa Multazaam Noor MSc SpKJ (K), Dr. Ratna Mardiati, SpKJ (K) dan Dra Luh Putu Suta Haryanti, M.Psi. Buku pembelajaran psikologi faal yang menjelaskan psikologi faal secara komprehensif dan aplikatif terdiri dari 27 bab diantaranya Bab I , Bab II, Bab II, Bab IV . Perpaduan pendekatan yang dituangkan dalam buku ini menjadi keunggulan di bandingkan dengan buku ajar keilmuan faal lokal atau terbitan luar negeri di Indonesia lainnya, karena memadukan antara konsep psikologi terapan,klinis, muatan lokal yang jenius yaitu nilai-nilai keislaman, dan pendekatan terkini akan neurosains dan biologi mokuler. (njs-rdr)

Judul                : Psikodiagnostik: Sebuah Pengantar

Penulis            :  Rachmat Mulyono, Msi, Psi

                              Mulia Sari Dewi, Msi, Psi

Penerbit           : UIN Jakarta Press

Tahun Terbit  : cet. 1, Desember2015

Halaman          : X+ 189 Halaman

Dalam praktiknya seorang ilmuan psikologi selalu bersinggungan dengan manusia sebagai subjek pengamatannya. Terlebih pada aspek perilaku manusia yang menjadi bagian yang krusial dalam memahami manusia itu sendiri. Namun sebagai ilmuan psikologi pengamatan pada tingkah laku manusia tidak begitu saja dilakukan, terdapat cara yang menjadi alat bantu utama dalam mencari pengertian tentang tingkah laku manusia yang dikenal dengan istilah psikodiagnostik.

Psikodiagnostik menjadi ilmu yang wajib untuk dipelajari oleh para ilmuan psikologi karena  di dalamnya terdapat seperangkat pembelajaran yang dapat memenuhi memenuhi kompetensi persyaratan teoritik, metodik, dan keterampilan teknik pemeriksaan psikologik sehingga seorang ilmuan psikologi dapat dikatakan mahir atau terampil dalam psikodiagnostik. Selain itu, terdapat banyak keuntungan dalam pengaplikasian psikodiagnostik di lapangan, selain juga menjadi alasan mengapa psikodiagnostik menjadi pembelajaran penting dalam ilmu psikologi. Misalnya,  dengan pengaplikasian psikodiagnostik ilmuan psikolog dapat mengungkap informasi sebanyak-bayaknya dari subjek pengamatan baik dari aspek intelektual, kepribadian, sosial, dan emosi, kemudian dapat memahami kebutuhan individu secara optimal, dan mengetahui kelemahan dan keunggulan individu, agar kehidupannya dapat dioptimalkan.

Pentingnya psikodiagnostik dalam ilmu psikologi ternyata belum diimbangi oleh sumber-sumber buku ajar yang mudah diakses oleh ilmuan psikologi di Indonesia. Atas dasar pertimbangan itulah Drs Rachmat Mulyono M.si, Psi dan  Mulia Sari Dewi, M.Si, Psi yang merupakan dosen psikologi UIN Jakarta menulis buku psikodiagnostik 1 sebagai  buku ajar mata kuliah pengantar dalam mempelajari dasar psikodiagnostik yang kemudian dapat diteruskan dengan buku-buku berikutnya tentang psikodiagnostik lanjutan. Buku yang berjudul Psikodiagnostik I: Sebuah Pengantar ini hadir dengan 189 halaman dan terdiri dari tujuh bab meliputi orientasi umum psikodiagnostik, prinsip penggunaan tes psikologis, keterbatasan tes psikologis, konsep pengukuran tes non kognitif (tes proyeksi dan non proyeksi).

Penyajian materi dikemas secara sistematis diawali oleh hal-hal mendasar seperti pengertian dan sejarah psikodiagnostik hingga penjelasan instrument psikologi yang digunakan dalam pengaplikasiannya pada bagian akhir. Melalui penguasaan buku ajar mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui dan memahami landasan teoritis dari berbagai metode dan teknik psikodiagnostik serta memahami prinsip dasar dalam proses pemeriksaan psikologis. (njs-rdr)